Jakarta (ANTARA News) - Galaksi Bima Sakti tempat di mana kita hidup ternyata dihuni oleh setidaknya 100 miliar planet asing. "Ini jumlah yang luar biasa," kata peneliti Jonathan Swift dari Caltech, Pasadena, seperti dikutip space.com.

Kesimpulan ini dicetuskan Swift dan para koleganya setelah meneliti lima sistem planet bernama Kepler-32 yang jaraknya 915 tahun cahaya dari Bumi lewat deteksi Teleskop Antariksa Kepler milik NASA.

Planet-planet Kepler-32 mengorbit sebuah bintang cebol M yang lebih kecil dan lebih dingin dari Matahari, yang jumlahnya 75 persen dari seluruh bintang di galaksi ini.

Kelima planet seukuran Bumi dan mengorbit dekat ke bintangnya ini dianggap para pakar sebagai representasi dari kebanyakan planet di Bima Sakti.

Kelimanya memiliki diameter 0,8 - 2,7 kali diameter Bumi dan mengorbit sekitar 16 juta km dari bintangnya, sedangkan Bumi mengorbiti Matahari pada jarak 150 juta km.

Massa lima planet Kepler-32 ini hampir seberat Jupiter, namun kebanyakan berbentuk gas dan debu.

"Jika Anda melihat lebih rinci lagi arsitektur sistem planet yang sangat spesial ini, maka Anda terpaksa menyimpulkan bahwa planet-planet ini terbentuk jauh ke dalam," kata John Johnson, peneliti lainnya dari Caltech.

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013