Mengapresiasi atas gerak cepat PLN mendukung program pemerintah dalam percepatan ekosistem kendaraan listrik di Sumut.
Medan (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Sitompul meninjau kesiapan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) dalam mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di tiga Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), yakni UP3 Medan , UP3 Medan Utara, dan UP3 Lubuk Pakam.

Sebelumnya anggota Komisi VII DPR tersebut juga telah memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) berjalan dengan baik di beberapa titik lintas Sumatera yang akan dipergunakan bagi pemudik.

"Mengapresiasi atas gerak cepat PLN mendukung program pemerintah dalam percepatan ekosistem kendaraan listrik di Sumatera Utara," ujar Hendrik, dalam keterangan diterima, di Medan, Minggu.

Hendrik juga mengajak masyarakat untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik tanpa khawatir kehabisan baterai karena PLN akan terus membangun dan memperbanyak stasiun pengisian baterai diberbagai lokasi di Sumut.

General Manager PLN UID Sumut Awaluddin Hafid menyampaikan kesiapan PLN sebagai perusahaan pemimpin transisi energi telah mempersiapkan sarana pendukung ekosistem kendaraan listrik tersebut.

Ia menyebutkan dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik PLN telah membangun SPKLU dan Stasiun Penggantian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di lokasi strategis untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik.

Tidak hanya itu, PLN juga berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk memudahkan pemilik motor listrik dalam mengisi atau mengganti baterai kendaraannya.

"PLN turut mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Sumatera Utara, total terdapat sepuluh SPKLU, satu SPBKLU yang siap digunakan oleh pemilik kendaraan listrik," kata Awaluddin.

Salah seorang mitra ojek online Fauzy Abdullah mengatakan sejak adanya layanan BSS di kantor PLN, memudahkan mitra ojek online dalam mengisi ulang baterai kendaraan mereka.

"Saya tidak perlu takut kehabisan baterai saat narik ojek online karena stasiun BSS sudah tersedia melalui aplikasi. Kini saya bisa mengganti baterai motor dengan mudah, sambil mengantar orderan," ujarnya pula.

Fauzy menambahkan sejak beralih menggunakan motor listrik, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih hemat karena jarak tempuh dan biaya penggantian baterai lebih murah dibanding menggunakan minyak.
Baca juga: PLN UIW Sumut dorong pemanfaatan kendaraan listrik di Medan
Baca juga: PLN UID Sumut dukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023