Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengungkapkan rasa bangga terhadap 20 atlet asal Sumut yang akan diberangkatkan untuk memperkuat kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

“Atas rasa syukur dan bahagia itulah saya hadir langsung di sini bertemu kalian sebelum bertolak ke Kamboja,” ujar Edy Rahmayadi saat melepas keberangkatan 20 atlet dan 4 pelatih asal Sumut, di Jakarta, Selasa.

Gubernur Edy berpesan seluruh atlet yang diberangkatkan untuk tampil dengan maksimal, sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia termasuk Provinsi Sumut di ajang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Sebagai patriot olahraga Indonesia, apalagi asal Sumut, jangan pernah sedikit pun merasa takut. Buktikan kalian memang pantas membela kontingen Indonesia. Kerahkan semua kemampuan yang ada, agar Indonesia Raya berkumandang di Kamboja, atau paling tidak Merah Putih berkibar di sana," katanya.

Mantan Ketua Umum PSSI ini juga berharap Provinsi Sumatera Utara tetap konsisten menyertakan para atletnya, untuk memperkuat kontingen Indonesia di setiap ajang olahraga Internasional lainnya, seperti ASEAN Games hingga Olimpiade.

“Kalau di SEA Games Kamboja ada 24 atlet dan pelatih asal Sumut yang memperkuat Kontingen Indonesia, maka di SEA Games mendatang, jumlah ini hendaknya bisa bertambah,” kata Edy Rahmayadi.

Baca juga: Jokowi lepas 599 atlet untuk berlaga di SEA Games ke-32 Kamboja

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis berharap seluruh atlet yang diberangkatkan mampu memberi kontribusi yang terbaik bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja tersebut.

"Kepada para atlet memeriksa semua hal positif dari pelaksanaan SEA Games Kamboja, guna menambah bekal untuk menorehkan prestasi bagi Sumut di PON XXI/2024 mendatang," ujar Jhon Lubis.

Adapun daftar atlet asal Sumut yang memperkuat Indonesia di SEA Games Kamboja 2023 yakni:

Abdul Hafiz cabang atletik asal Binjai, Jhonny Chandra (biliar/Medan), Dara Latifah (balap sepeda/Medan), M Farhan (dance sport/Deliserdang), Delbert Tanoto (esport/ Medan), Rayhan Abdul Latief (golf/ Medan). Faisal Halomoan Siahaan (karate/Toba), Dessyinta Rakawuni S Banurea (karate/ Medan), Fransiskus Sinaga (kick boxing/Simalungun), Toni Kristian Hutapea (kick boxing/ Medan), Aprilia Eka Putra (kick boxing/Medan).

Selanjutnya Riva Hijriah (kun bukator/Deliserdang), Eni Tri Susilowati (kun bukator/ Deliserdang), Riana Oktavia (kun bukator/ Deliserdang), Deslya Anggraini (kun bukator/ Deliserdang). Sarohatua Lumbantobing (tinju/Tapanuli Utara), Harris Horatius (wushu/Medan), Nicholas (wushu/Medan), Samuel Marbung (wushu/Humbang Hasundutan) dan Rosa Beatrice Malau (wushu/Medan).

Sementara untuk pelatih yakni Achmad Fadil Nasuiton (biliar), Jintar Simanjuntak (karate), Dahliana (pencak silat) dan Novita (wushu).

Baca juga: CdM: Atlet SEA Games Kamboja sedang dalam performa terbaik
Baca juga: Jokowi targetkan lebih dari 69 emas dan peringkat 1-2 di SEA Games

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023