Saya secara drastis merasa lebih baik
Perth (ANTARA News) - Petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic bangkit untuk membawa Serbia melaju ke final Piala Hopman, Jumat (4/1).

Pasangan Serbia Djokovic dan Ana Ivanovic mengalahkan Jerman 3-0 untuk menyelesaikan pertandingan-pertandingan setengah kompetisi mereka, dan berhak menghadapi pasangan Spanyol Fernando Verdasco dan Anabel Medina Garrigues pada hari Sabtu di final tim campuran.

Ini merupakan ketiga kalinya bagi pasangan Serbia itu bermain bersama di Piala Hopman, dan kedua kalinya pula mereka mencapai final.

Mereka juga lolos untuk menentukan gelar ini pada 2011, namun tidak menembus final setelah Ivanovic menderita masalah perut.

Serbia baru satu kali bermain di final sebelumnya, ketika Djokovic dan Jelena Jankovic dikalahkan pasangan Amerika Serena Williams dan Mardy Fish pada 2008.

Djokovic, yang secara mengejutkan dikalahkan petenis muda Bernard Tomic pada Rabu, membawa Serbia memimpin di fase ini dengan penampilan dominan melawan veteran Jerman Tommy Haas pada pertandingan nomor tunggal, sebelum Ivanovic mengamankan hasil dengan menaklukkan Tatjana Malek.

Haas berada di peringkat 21 dunia, namun ia tidak memiliki jawaban atas serangan-serangan Djokovic, yang hanya memerlukan waktu satu jam untuk menang 6-2, 6-0.

Haas mengundurkan diri dari pertandingan ganda campuran, karena mengalami cedera ujung kaki.

Djokovic mengatakan ia memerlukan beberapa hari untuk beradaptasi dengan kondisi-kondisi Eropa, namun ia telah berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan gelar Australia Terbukanya.

"Saya secara drastis merasa lebih baik dari beberapa hari pertama berada di sini, saya memiliki beberapa jam berlatih, beristirahat, tidur, dan terbiasa dengan kondisi-kondisi di sini," ucapnya.

"Saat ini, saya percaya saya berada di mana saya diperlukan di sini (untuk Australia Terbuka)."

"Bukan 100 persen secara fisik, namun saya berada di sini dan kami tetap bekerja untuk memperbaiki beberapa hal yang akan membuat saya merasa 100 persen untuk Melbourne dalam sepuluh hari."

Ivanovic meneruskan penampilan bagusnya dengan hanya memerlukan 37 menit untuk menaklukkan Malek 6-0, 6-1, melepaskan 16 pukulan kemenangan berbanding satu pukulan kemenangan sang petenis Jerman, dan gembira dapat mencapai final.

"Kami telah begitu lama bermimpi tentang momen ini," kata Ivanovic perihal pencapaian finalnya.

Tsonga

Di saat kepercayaan diri Djokovic meningkat menjelang Grand Slam pertama tahun ini, yang dimulai pada Senin di Melbourne, petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga harus melupakan rencana-rencananya di Australia Terbuka akibat cedera otot paha belakang yang didapatnya pada pagi hari.

Tsonga mengundurkan diri saat Prancis memainkan nomor ganda campuran dengan Afrika Selatan, dan kemudian mengundurkan diri dari Sydney International pekan depan akibat cedera otot paha belakang kiri.

Petenis peringkat delapan dunia itu terlihat mendapat cedera tersebut saat meregangkan badan untuk melepaskan pukulan kemenangan saat melawan Kevin Anderson, yang membuat ia belum pernah kalah di nomor tunggal selama turnamen ini berlangsung.

Afrika Selatan mengalahkan Prancis 2-1 sebagai hasil dari cedera Tsonga, namun kedua tim telah tersingkir dari persaingan menuju final.

Tsonga mengalahkan Anderson melalui pertandingan dua set langsung 7-6 (7/4), 7-6 (7/3) untuk menyamakan kedudukan, setelah Chanelle Scheepers mengalahkan Mathilde Johansson 4-6, 6-4, 6-4.

(H-RF) 

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013