Maskapai penerbangan tentu lebih mengendepankan keselamatan para pengguna jasa transportasi udara
Ende (ANTARA News) - Pesawat Merpati Nusantara Airlines tujuan Denpasar-Kupang, Senin, batal mendarat di Bandara El Tari Kupang akibat cuaca buruk. Pesawat kembali ke Denpasar.

"Hari ini, Merpati yang tidak bisa mendarat. Penerbangan Susi Air Kupang-Larantuka-Sabu dan Lembata juga batal karena cuaca buruk," kata Airport Duty Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Gabriel Keraf, Senin menjawab pertanyaan mengenai dampak cuaca terhadap aktivitas penerbangan di Bandara El Tari Kupang.

Selama tiga hari terakhir ini, hujan deras terus mengguyur wilayah Nusa Tenggara Timur. Hujan hampir merata di seluruh wilayah sehingga mengganggu aktivitas penerbangan perintis dari dan ke Bandara El Tari Kupang.

Mengenai penerbangan ke Ende, dia mengatakan, TransNusa Air Service telah menjadwalkan tiga kali penerbangan Kupang-Ende-Kupang tetapi sejauh ini, pesawat belum bisa diberangkatkan karena masalah cuaca.

"Hari ini Merpati juga menjadwalkan penerbangan Kupang-Ende-Kupang dua kali, tetapi baru terbang satu kali pada pukul 06.00 WITA. Penerbangan kedua masih tertunda karena alasan cuaca," kata Gabriel Keraf.

Pembatalan penerbangan Kupang-Ende-Kupang-Denpasar-Surabaya dalam tiga hari terakhir ini menyebabkan ratusan penumpang menumpuk di Bandara Aeroeboesman Ende.

Abdul Muis, salah seorang calon penumpang tujuan Ende-Kupang mengaku pasrah walaupun sudah dua hari menunda keberangkatan.

"Ini kemauan alam. Kita tidak boleh memaksakan kehendak, apalagi mempersalahkan pihak maskapai. Maskapai penerbangan tentu lebih mengendepankan keselamatan para pengguna jasa transportasi udara," katanya.
(B017/Y008)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013