Selanjutnya kami akan melakukan koordinasi dan tindak lanjut dalam waktu dekat untuk kemajuan pemuda Sulawesi Barat
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar Billy Mambrasar mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat di wilayah setempat.

“Sulawesi Barat merupakan pulau yang sangat indah, Pak Pj Gubernur menyampaikan Plaza Karampuang ini dibangun hanya dalam waktu 39 hari, sebuah bentuk nyata kerja cepat dan kerja tepat. Saya berharap dibangunnya Plaza Karampuang dan sentra UMKM di Pulau Karampuang akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Dalam kunjungannya ke Sulbar yang bertepatan dengan Hari Buruh Internasional (1/5), Billy menuturkan inovasi yang direalisasikan berupa Festival Karampuang sekaligus peresmian Plaza Karampuang memiliki potensi mendongkrak pendapatan daerah dari sisi pariwisata, mengingat daerah itu memiliki sumber daya pesisir dan laut yang cukup besar seperti pantai terumbu karang, mangrove, perikanan budi daya, dan perikanan tangkap.

Baca juga: Festival Pulau Karampuang di Sulbar untuk tumbuhkan ekonomi masyarakat

Menurutnya, ajang yang akan digelar rutin satu bulan sekali itu merupakan langkah awal yang baik guna mengoptimalkan penggunaan plaza dalam mendorong kreativitas dan inovasi anak muda serta warga lokal.

“Setiap kunjungan saya bersama tim ke daerah-daerah, saya selalu berusaha menciptakan peluang kolaborasi untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia, terutama untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan inovasi para pemuda di daerah. Selanjutnya kami akan melakukan koordinasi dan tindak lanjut dalam waktu dekat untuk kemajuan pemuda Sulawesi Barat,” katanya.

Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik menambahkan sebelum digelar Festival Karampuang, jajarannya telah membangun 12 unit UMKM sebagai hasil kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar dengan Korem TNI 142 Taroada Taragau di Mamuju.

“Dengan demikian sektor pariwisata dan sektor UMKM akan berdampingan dan saling menyokong satu sama lain untuk membangkitkan perekonomian Pulau Karampuang dan Sulbar,” ujarnya.

Baca juga: Sulawesi Barat promosikan tenun Sekomandi melalui ajang pariwisata

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023