Sulsel itu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang punya daftar tunggu haji terlama dan itu karena antusiasme masyarakat yang ingin berhaji
Makassar (ANTARA) - Ketua Komis VIII DPR RI Ashabul Kahfi menghadiri manasik haji perdana di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, yang digelar oleh Kantor Kemenag setempat bersama pemerintah daerah.

"Sulsel itu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang punya daftar tunggu haji terlama dan itu karena antusiasme masyarakat yang ingin berhaji," ujar Ashabul Kahfi di Bantaeng, Kamis.

Ashabul Kahfi mengatakan manasik haji merupakan sebuah pelatihan tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh yang wajib diikuti oleh calon jamaah.

Dia menyarankan manasik haji ini sangat penting sebagai bekal para jamaah haji nanti di Tanah Suci dalam menjalankan berbagai rangkaian ibadah haji.

"Manasik haji sebagai penuntun dan pembimbing sehingga dapat memperlancar saat melaksanakan ibadah haji nanti," ujar Ashabul Kahfi.

Baca juga: Video manasik haji disiapkan Kemenag di setiap pesawat- hotel jamaah

Sementara itu Bupati Bantaeng Ilham Azikin bersyukur sebab pelaksanaan ibadah haji tahun ini bisa kembali normal dari segi kuota.

Dia mengatakan kuota haji di daerahnya dapat tambahan, khusus untuk lansia. Ia pun berharap kedepannya bisa mendapatkan tambahan kuota lagi.

"Semoga ke depan kuota haji bisa bertambah lagi jumlahnya, khususnya di Kabupaten Bantaeng, apalagi daerah kita juara nasional waiting list atau daftar tunggu terlama di seluruh Indonesia yakni 47 tahun," ucapnya

Ilham Azikin juga menuturkan bahwa kultur di Arab Saudi beda dengan kultur di Indonesia dan Sulawesi, karena itu ia berpesan agar jamaah haji jaga sikap, patuhi aturan, dan ikuti setiap ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Kemenag minta KBIHU ubah pola pembelajaran manasik haji

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023