Makassar (ANTARA) - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengatakan ada sekitar 67 ribu orang jamaah calon haji (JCH) yang telah berusia lanjut dan siap diberangkatkan untuk mengikuti ibadah haji.

"Tahun ini kuota haji ada 221.000 orang dan 67 ribu diantaranya adalah JCH berusia lanjut," ujarnya di Bantaeng, Kamis.

Ashabul Kahfi menerangkan 67 ribu jamaah calon haji yang telah berusia lanjut itu sudah lama masuk dalam daftar tunggu (waiting list).

Dia mengatakan jika antusiasme orang Indonesia khususnya umat Islam untuk berhaji sangat tinggi karena merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

"Antusiasme umat Islam di Indonesia untuk berhaji sangat tinggi, sehingga berdampak pada antrian panjang atau waiting list yang lama, sebab kuota yang diberikan oleh Arab Saudi terbatas setiap tahunnya," katanya.

Baca juga: Alissa Wahid: Layani jamaah haji lansia dengan suka cita

Baca juga: Menag: Sabar adalah kunci layani jamaah haji lansia


Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengaku jika pihaknya di DPR bersama pemerintah dalam ini Kementerian Agama terus berusaha melakukan lobi agar Indonesia setiap tahunnya mendapatkan tambahan kuota haji.

Ia menyebutkan dari 221.000 kuota haji secara nasional, terdapat 67 ribu lebih lansia yang akan berangkat haji, terdiri lansia mandiri dan bukan mandiri, sehingga di sinilah fungsi petugas haji baik kloter maupun non kloter.

Selain itu, antara petugas haji dan jamaah haji harus menjaga kekompakan, saling bantu, saling jaga dan peduli, terlebih tagline pelaksanaan haji tahun ini yakni Haji Ramah Lansia.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel H. Ikbal Ismail membeberkan proses dan teknis pelaksanaan haji Tahun 2023 secara gamblang di hadapan seluruh Jmaah Calon Haji Bantaeng.

Teknisnya itu, mulai dari persiapan, jamaah haji masih berada di tanah air, masuk asrama haji, berangkat ke tanah suci, proses pelaksanaan ibadah haji sampai kemudian kembali ke Tanah Air.

"Di sinilah pentingnya manasik, maka Ikuti dan patuhi dengan sempurna manasik haji utamanya dari Kemenag dan Tim Kesehatan, dan ikuti setiap arahan petugas, Insya Allah, kita semua akan selamat, sukses dan lancar dalam pelaksanaan ibadah rukun Islam yang kelima ini," ucapnya.

Baca juga: Kemenag siapkan skema layanan jamaah haji ramah lansia

Baca juga: Menyambut musim haji ramah lansia

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023