Phnom Penh (ANTARA) - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (Okto) menyebut SEA Games 2023 Kamboja menjadi momen tim dari beberapa cabang olahraga unjuk kemampuan di mana sebelumnya nomor individu yang menjadi tumpuan.

"Hoki, sepak bola dan bola voli putra kita mengawali SEA Games Kamboja dengan kemenangan. Harapan kami ini terus berlanjut begitu juga dengan nomor tim cabang olahraga lainnya," kata Okto di Phnom Penh Kamboja, Jumat.

Menurut dia, sejak SEA Games Filipina tren nomor beregu meraih hasil terbaik mulai muncul dengan dibuktikan tim polo air yang selama ini harus mengakui keunggulan Singapura sukses meraih emas untuk pertama kalinya.

Begitu juga dengan bola basket putra. Timnas Indonesia yang selama ini hanya menjadi bayang-bayang dari Filipina mampu merebut medali emas pada SEA Games Vietnam. Begitu juga dengan bola voli putra yang datang ke Kamboja sebagai juara bertahan.

Baca juga: Timnas voli putra Indonesia melaju ke semifinal SEA Games 2023
Baca juga: Tim hoki indoor putra Indonesia kunci tiket final SEA Games 2023


"Di Kamboja tren itu harus berlanjut karena yang kami kirimkan adalah yang berpotensi emas," kata Okto menegaskan.

Untuk sepak bola, mantan Ketua Umum PB ISSI juga berharap bisa mengikuti unjuk kemampuan dengan meraih medali emas. Apalagi prestasi tertinggi itu terakhir didapat 32 tahun lalu di Filipina.

Timnas sepak bola Indonesia saat ini bisa dikatakan berada di jalur medali setelah memuncaki klasemen Grup B dengan enam poin dari dua pertandingan. Tim asuhan Indra Sjafri ini pada fase grup masih menyisakan dua laga yakni melawan Timor Leste dan Kamboja.

Dengan posisi tersebut, Timnas Garuda Muda berpeluang lolos ke semifinal. Jika terus bermain secara konsisten tidak mustahil Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bisa merealisasikan target medali emas.

Baca juga: CdM harapkan atlet semakin siap bertanding di SEA Games Kamboja

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023