Phnom Penh (ANTARA) - Cabang olahraga bela diri vovinam mempersembahkan medali emas ketujuh untuk kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2023 yang digelar di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Sabtu.

Manik Trisna Dewi Wetan berhasil mendapatkan emas di nomor dragon tiger form putri, mengalahkan pesaing-pesaing berat seperti tuan rumah Kamboja, Thailand, dan Myanmar.

“Alhamdulillah pada hari ini Federasi Vovinam Indonesia mempersembahkan medali ketujuh pada hari ini, mengikuti enam nomor pertandingan. Kami berhasil mendapatkan satu medali emas dan tiga perunggu,” kata Manager Timnas Vovinam Indonesia Isnaldi Muhammad Dini saat dijumpai usai pertandingan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia Dito Ariotedjo hadir untuk mengalungkan langsung medali emas yang diraih oleh Manik, dan turut menyaksikan “Indonesia Raya” berkumandang serta bendera Merah-Putih berkibar di tiang tertinggi.

Adapun tiga medali perunggu untuk Indonesia dari cabang olahraga asal Vietnam ini didapatkan oleh Ni Wayan Vina Puspita dan Kade Ayu Mas Sasvita Dewi di nomor Dual Form 1 Putri; tim yang diisi oleh I Made Khrisna Dwipayana, I Wayan Purbawa, Efrie Surya Perdana, I Kadek Mogi Bahana Lenge dan Dewa Gde Tomi Sanjaya di nomor Leg Attack Technique Putra; serta tim dengan formasi I Wayan Sumertayasa, I Gusti Agung Gede Ary Wirawan, Dewa Gde Tomi Sanjaya, I Nyoman Suryawan, dan Kadek Edey Dwipayana.

“Hasil hari ini sesuai ekspektasi dan bagus banget. Apalagi kehadiran Pak Menteri ikut menyemangati anak-anak untuk mendapatkan medali berikutnya,” kata Isnaldi.

Isnaldi menambahkan, para atlet vovinam Indonesia masih akan bertanding pada tiga hari ke depan untuk memperebutkan medali-medali lainnya di nomor seni atau performance.

“Konsentrasinya ada di nomor seni. Dan besok kami akan aktif lagi mencari medali-medali berikutnya,” ujarnya.

“Harapannya dua emas besok dari seni. Mudah-mudahan, mohon doanya,” imbuhnya.

Sementara itu, per Sabtu (6/5) pukul 18.25, Kontingen Indonesia berada di peringkat dua klasemen sementara SEA Games 2023 dengan total 24 medali termasuk tujuh emas, lima perak, dan 12 perunggu.

Baca juga: Klasemen medali SEA Games: Kamboja teratas, Indonesia urutan kedua
Baca juga: SEA Games 2023 dibuka, Indonesia jaga asa pada awal laga
Baca juga: Simbol-simbol yang disematkan pada upacara pembukaan SEA Games Kamboja


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023