Palu (ANTARA) - Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah, Ihsan Basir mengatakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) menjadi momentum untuk mengenalkan Al Quran sebagai pedoman hidup kepada generasi muda di daerah ini.

"STQ tidak hanya menjadi ajang perlombaan semata, tetapi lebih dari itu menjadi satu syiar pendidikan untuk mendekatkan generasi muda kepada Al Quran," kata Ihsan Basir, dihubungi dari Palu, Sabtu.

Hal itu disampaikan Bupati Bangkep Ihsan Basir terkait dengan pelaksanaan STQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una-Una pada 6-11 Mei 2023.

Baca juga: Bupati Bangkep minta ASN perkuat silaturahim untuk bangun daerah

STQ tahun ini mengangkat tema "Kita satukan langkah ciptakan generasi Qurani yang berkualitas, menuju masyarakat Sulawesi Tengah yang religius, beriman, dan bermartabat".

Kabupaten Banggai Kepulauan turut berpartisipasi dan mengirimkan utusan atau kafilah pada STQ di Tojo Una-Una tersebut.

Bupati mengemukakan Al Quran adalah petunjuk dan pedoman hidup untuk umat Islam, yang harus dipelajari utamanya bagi generasi muda, sebagai penyeimbang dalam perkembangan zaman saat ini.

Oleh karena itu, kata dia, STQ menjadi pendorong semangat generasi muda untuk mempelajari Al Ouran, sekaligus mempelajari hadist.

Baca juga: FKUB Sulteng minta ASN Bangkep jadi perekat kemajemukan

Ia berharap kafilah atau utusan dari Kabupaten Banggai Kepulauan agar tidak sekadar berlomba untuk meraih juara, melainkan menjadi pelopor dalam mendorong generasi muda Bangkep untuk mempelajari Al Quran.

Ia mengatakan, selain untuk menunjukkan kemampuan di panggung lomba, STQ juga untuk menjaga kebersamaan, memperkuat silaturahim, dan menjaga nama baik Banggai Kepulauan.

"Selaku pemerintah daerah saya juga berpesan agar menjaga nama baik daerah, juga akhlak dan sopan santun, menjaga hubungan harmonis yang dilandasi saling pengertian antara peserta, pelatih, ofisial, dan pimpinan kafilah,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkep Suardi Kanjai mengharapkan kafilah dari Bangkep tetap semangat dalam berkompetisi.

Baca juga: Ulama Maluku sampaikan keutamaan adab dengan Al Quran

"Saya menyampaikan kepada peserta semuanya harus semangat dalam berkompetisi,” katanya.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023