menjaga keutuhan NKRI agar terus melaju untuk Indonesia maju menuju Indonesia Emas
Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, membentangkan bendera Indonesia di Danau Paisupok Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.

"Pembentangan bendera di Danau Paisupok ini untuk memeriahkan sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia," kata Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, di Bangkep, Selasa.

Pembentangan bendera berukurang lebar panjang delapan meter dan lebar empat meter itu dilakukan oleh Pemkab Banggai Kepulauan kerja sama Pemuda Pancasila kabupaten tersebut.

Kata Bupati, pembentangan Bendera Merah Putih tersebut merupakan satu rangkaian kegiatan nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih. Tujuannya untuk membangkitkan semangat perjuangan masyarakat Indonesia dalam menyongsong HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Penerbangan perintis Jember-Sumenep penuh penumpang menjelang HUT RI
Baca juga: Semarakkan HUT RI warga pesisir Gorontalo Utara bentuk konfigurasi


Ia mengatakan pembentangan Bendera Merah Putih juga merupakan salah satu upaya menumbuhkembangkan rasa cinta Tanah Air dan rasa nasionalisme di seluruh kalangan, khususnya masyarakat Kabupaten Bangkep.

"Sehingga nantinya para penerus bangsa dapat mengetahui tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI agar terus melaju untuk Indonesia maju menuju Indonesia Emas," katanya.

Di samping itu, kata Ihsan Basir, pembentangan Bendera Merah Putih di Danau Paisupok bertujuan untuk mengenalkan potensi wisata daerah itu.

Bupati mengemukakan potensi wisata di Banggai Kepulauan, dikembangkan oleh Pemkab Banggai Kepulauan dengan berbagai cara untuk menjadikan sebagai destinasi wisata bagi semua kalangan masyarakat dari dalam maupun luar negeri.

“Salah satunya Paisupok yang sudah mulai dikenal banyak orang dan Desa Bongganan yang menjadi salah satu budaya dari Suku Bajo yang paling menonjol di Salakan,” katanya.

Baca juga: 30 pesawat tiga matra TNI gladi bersih “fly pass” untuk HUT RI
Baca juga: Jakbar gelar lomba mural antara kecamatan meriahkan HUT ke-78 RI
Baca juga: Rayakan HUT RI ke-78, Ganara Art bersama TMII hadirkan taman seni
Bupati Bangkep Ihsan Basir menyerahkan Bendera Merah Putih untuk dibentangkan di Danau Paisupok Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023. ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep




 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023