kami berupaya mempopulerkan Pulau Tolinggula sebab pulau cantik dengan panorama pasir putih dan batu karang
Gorontalo (ANTARA) - Warga wilayah pesisir bagian barat Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo ikut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 dengan membentuk konfigurasi huruf dan angka di tepi pantai.

Camat Tolinggula Toni Abad di Gorontalo, Selasa mengatakan semarak HUT RI harus menggema hingga ke wilayah pelosok termasuk perbatasan kabupaten tersebut.

"Kali ini kami membuat terobosan dalam memeriahkan HUT ke 78 RI tahun 2023 dengan melibatkan 1.945 orang masyarakat di Kecamatan Tolinggula terdiri dari pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Serta para kepala desa dan perangkatnya," kata Camat Toni.

Konfigurasi huruf dan angka tersebut di bentuk di tepi Pantai Tolinggula dengan tulisan "HUT RI 78".

"Kami dokumentasikan luas dan disebar di beragam media sosial dengan harapan terobosan ini mampu membangkitkan semangat nasionalisme dan lebih menyemarakkan HUT RI tahun ini," kata Toni.

Baca juga: Jakbar gelar lomba mural antara kecamatan meriahkan HUT ke-78 RI
Baca juga: Rayakan HUT RI ke-78, Ganara Art bersama TMII hadirkan taman seni


​​​​​Pihaknya juga mengibarkan bendera merah putih di Pulau Tolinggula.

Kegiatan itu kata dia, salah satu wujud kecintaan masyarakat terhadap negara, menghargai sejarah kemerdekaan bangsa serta upaya menyatakan kepada seluruh masyarakatnya bahwa meski berada di wilayah pelosok namun semarak HUT RI tetap menggema.

Bendera yang dipasang di Pulau Tolinggula pun sebagai salah satu bentuk memperkenalkan pulau cantik itu dalam rangka membangkitkan pariwisata daerah.

"Kami berupaya mempopulerkan Pulau Tolinggula sebab pulau cantik dengan panorama pasir putih dan batu karang ini sangat layak dijadikan destinasi wisata meski ada di wilayah perbatasan," imbuhnya.

Baca juga: Polres Aceh Barat bagikan Bendera Merah Putih jelang HUT Kemerdekaan
Baca juga: Kirab Merah Putih sepanjang 100 meter sambut HUT ke-78 RI di Bogor
Baca juga: Pemkab OKU Selatan tanam 80.000 bibit pohon semarakkan HUT RI

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023