Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi akan menggunakan pengalamannya saat tampil di Kejuaraan Badminton Asia (BAC) dua pekan lalu untuk tampil prima pada debut SEA Games di Phnom Penh, Kamboja.

"Main di BAC kemarin jadi pelajaran dan pengalaman bagi saya untuk tampil lebih baik lagi di sini (SEA Games)," kata Komang lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Sabtu.

Pada agenda pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu, Komang menjadi unggulan pertama pada nomor beregu. Kepastian tersebut membuat pebulu tangkis asal Buleleng, Bali itu, termotivasi untuk memberikan kemampuan terbaiknya bagi Merah Putih.

"Ini SEA Games pertama saya dan jadi tunggal putri nomor satu juga di nomor beregu. Tanggung jawab untuk menang pasti ada, tapi saya jadikan itu motivasi," Komang menuturkan.

Baca juga: Tunggal putri Indonesia pastikan tiket perempat final BAC 2023

Sebagai persiapan sebelum mulai bertanding pada Senin, Komang lebih dulu mengikuti sesi latihan perdana bagi skuad tepok bulu Indonesia di Badminton Hall Morodok Techo, Sabtu.

Pada kesempatan itu, Komang sudah bisa beradaptasi dengan kondisi teknis lapangan dan tinggal melakukan penyesuaian kecil saat pertandingan pekan depan.

"Tadi di latihan hallnya enak, suasananya oke. Tinggal menyesuaikan lagi saja dengan arah angin dan bolanya," kata Komang.

Cabang olahraga bulu tangkis di SEA Games 2023 akan dilangsungkan pada 8-16 Mei, mempertandingkan kategori beregu putra, beregu putri, beregu campuran (peserta dengan negara terbatas) dan perorangan.

Baca juga: Timnas bulu tangkis turunkan atlet gabungan demi empat emas SEA Games

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan bahwa faktor perbedaan suhu ekstrim di Phnom Penh menjadi perhatian serius bagi timnas bulu tangkis Indonesia yang diturunkan dalam SEA Games 2023.

Menurut Rionny, cuaca yang sangat terik di luar namun sejuk di dalam arena pertandingan bisa mempengaruhi daya tahan tubuh dan stamina atlet selama berada di Phnom Penh.

"Anak-anak harus membiasakan diri ya dengan cuaca di sini. Di luar kan panas sekali, lalu masuk ke ruangan sejuk. Ini mereka harus jaga kondisinya. Begitu juga konsentrasi dan fokus harus bagus," ujar Rionny.

Baca juga: CdM optimistis bulu tangkis raih emas sesuai target di SEA Games 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023