Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo melaju ke babak semifinal Korea Masters 2023 setelah mengalahkan Pornpicha Choeikeewong pada perempat final dengan dua gim langsung 21-19, 21-19, Jumat.

Ester menyudahi perlawanan tunggal putri asal Thailand itu setelah berjuang selama 41 menit di Gwangju Women’s University Stadium.

"Puji Tuhan bisa menyelesaikan pertandingan tanpa cedera dan kembali diberikan kemenangan. Di pertandingan hari ini saya bisa mendahului inisiatif permainan dari lawan, saya menjauhkan bola dari jangkauan dia dan membuat dia berlari. Itu menguntungkan buat saya," kata Ester melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Ester sempat tertinggal dua poin pada awal gim pertama, namun mampu memberikan balasan dengan merebut empat poin beruntun dan berbalik unggul 4-2.

Keunggulan tersebut dijaga pebulu tangkis asal Papua itu hingga interval. Sayangnya Pornpicha merebut enam poin beruntun karena mampu membuat Ester kehilangan fokus dalam menjaga strateginya.

Pornpicha pun terus memimpin hingga skor 19-16, sebelum akhirnya dilibas oleh Ester yang menyabet lima poin beruntun. Ester melakukan balasan berkat perolehan poin dari pertahanan lawan yang mengendur.

Setelah mendapatkan momentum, Ester membalas dengan memberikan pengembalian menyulitkan dan membuat lawannya patah semangat. Gim pertama pun dikemas dengan kemenangan 21-19.

Baca juga: Ester tampil apik untuk melaju ke perempat final Korea Masters

Kejadian serupa kembali terulang pada gim kedua. Saat Ester sudah lebih dulu unggul, tiba-tiba disalip oleh Pornpicha. Namun lagi-lagi fokus wakil Thailand itu goyah dan memberi peluang bagi Ester untuk menyerang balik.

"Selepas interval gim pertama dan kedua, fokus konsentrasi saya sempat hilang jadi dia bisa mengejar. Beruntung saya bisa kembali ke bentuk permainan saya dan mengambil kendali permainan lagi. Agak tegang juga di poin-poin kritis tapi saya bisa mengembalikan kepercayaan diri saya dengan cara bermain lebih menyerang," tutur Ester.

Pada babak semifinal turnamen kategori BWF Super 300 itu, Ester akan bertemu dengan tunggal putri asal Jepang Tomoka Miyazaki, Sabtu (11/11).

Baca juga: Kevin/Rahmat tak patah semangat meski terhenti di Korea Masters
Baca juga: Alwi petik pelajaran penting dari debut turnamen Super 300

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023