Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid senang dengan penampilan para atlet panjat tebing Indonesia di babak kualifikasi International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2023 Jakarta atau Piala Dunia Panjat Tebing 2023 seri Jakarta.

Di babak kualifikasi kejuaraan dunia yang diselenggarakan di Lot 6 Stadion Gelora Bung Karno (GBK), pada Sabtu malam itu, Yenny mengatakan para atlet panjat tebing Indonesia menampilkan performa terbaik.

“Alhamdulillah malam ini kita sudah melewati babak kualifikasi dan tadi seperti yang disaksikan bahwa atlet-atlet Indonesia menunjukkan performa terbaiknya,” kata Yenny, ketika ditemui seusai babak kualifikasi IFSC World Cup Jakarta, Sabtu malam.

Di babak kualifikasi, tercatat ada 10 atlet panjat tebing Indonesia yang terdiri dari enam atlet putra dan empat atlet putri yang lolos ke babak perdelapan final IFSC World Cup 2023 Jakarta.

Enam atlet putra yang lolos adalah Kiromal Katibin, Veddriq Leonardo, Rahmad Adi Mulyono, Raharjati Nursamsa, Zainal Aripin, dan Aspar Aspar. Sementara itu, empat atlet putri yang lolos adalah Desak Made Rita Kusuma Dewi, Rajiah Sallsabillah, Nurul Iqamah, dan Mutia Amanda Narda, demikian dilansir dari laman resmi IFSC.

“Banyak sekali atlet Indonesia yang berhasil masuk babak berikutnya, babak 16,” kata Yenny.

“Kita punya Katibin nomor satu, lalu ini lawannya juga meskipun sahabatnya juga Veddriq Leonardo. Untuk putri ada Desak Rita yang juga cukup unggul,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Yenny berharap prestasi yang ditorehkan atlet-atlet di babak kualifikasi akan terulang di babak perdelapan final yang akan diselenggarakan keesokan harinya, Minggu (7/5).

“Tentu, kita berharap prestasi malam ini bisa diulang lagi bahkan lebih hebat lagi besok di final,” tambahnya.

Lebih lanjut, wanita 48 tahun itu meminta doa dari masyarakat Indonesia agar 10 atlet panjat tebing yang tampil di babak perdelapan final nanti agar dimudahkan meraih hasil tertinggi.

“Kita mohon doa dari masyarakat Indonesia agar jalan mereka dimudahkan dan usaha mereka, komitmen mereka untuk meraih emas terutama, dan medali-medali lainnya untuk mengharumkan nama bangsa, bisa dimudahkan untuk yang maha kuasa,” kata Yenny.

Baca juga: Enam atlet putra Indonesia lolos perdelapan besar IFSC World Cup
Baca juga: FPTI minta atlet jaga fisik dan mental untuk raih prestasi
Baca juga: Yenny Wahid sebut China dan Amerika lawan terberat di IFSC World Cup
Baca juga: Indonesia kuasai medali speed putri Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2022

 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023