Kupang (ANTARA) - Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang menyiapkan empat parking stand guna mendukung pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang puncaknya akan dimulai pada Selasa (9/5) hingga Kamis (11/5) pekan ini.

Humas bandara El Tari Kupang Devi Budihandayani di Kupang, Senin mengatakan empat parking stand tersebut dialokasikan khusus untuk parkir pesawat pendukung dan jet pribadi milik para delegasi.

“Kita sudah siapkan semua setelah bandara El Tari masuk sebagai bandara alternatif untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo,” katanya.

Dia mengatakan bahwa empat parking stand tersebut sudah disiapkan jauh-jauh hari yang mana memang sebelumnya direncanakan atau persiapan untuk KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu.

Devi juga menambahkan walaupun sudah disiapkan oleh bandara El Tari namun hingga Senin (8/5) belum ada permintaan tempat parkir bagi pesawat, baik itu pesawat penumpang maupun pesawat jet pribadi.

“Sampai saat ini belum ada yang pesan atau boking,” tambah dia.

Namun walaupun demikian, pihaknya tetap menyiapkan empat slot parking stand bagi pesawat tersebut di bandara internasional tersebut, untuk mengantisipasi jika tiba-tiba ada yang memintanya.

Untuk diketahui PT Angkasa Pura I menyatakan telah menyiapkan sejumlah bandara dalam rangka mendukung pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Dukungan Angkasa Pura I untuk menyukseskan KTT ASEAN 2023 tersebut menyangkut kesiapan bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi, infrastruktur bandara sebagai lokasi penempatan pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, dukungan personel di lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN, serta dukungan publikasi.

Untuk kebutuhan parking stand pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, Angkasa Pura I telah menyiapkan 18 parking stand khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk lokasi parkir pesawat selama penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

Untuk contingency plan, Angkasa Pura I juga menyiapkan tiga bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan, yakni Bandara Internasional Lombok dengan 6 parking stand.

Bandara El Tari Kupang dengan  empat parking stand, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan delapan parking stand. Total, Angkasa Pura I menyiapkan 36 parking stand di empat bandara untuk melayani kebutuhan penempatan pesawat delegasi KTT ASEAN 2023.


Baca juga: Bandara El Tari Kupang kembali beroperasi hingga pukul 16.00 WITA
Baca juga: Akibat larangan terbang, belasan pesawat parkir di Bandara El Tari

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023