Tahun lalu pergerakan penumpangnya mencapai 56.515 pemudik dan tahun ini diprediksi akan naik 10 persen
Kupang (ANTARA) - Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang memprediksi jumlah pemudik melalui bandara itu selama arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meningkat sekitar 10 persen dibanding Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Tahun lalu pergerakan penumpangnya mencapai 56.515 pemudik dan tahun ini diprediksi akan naik 10 persen," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional EL Tari Kupang Lilik Pujianto di Kupang, Selasa.

Hal ini disampaikannya usai memimpin apel pembukaan Posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang digelar di Kantor PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang yang dihadiri oleh sejumlah pihak mulai dari TNI, Polri, Basarnas serta Karantina Kesehatan.

Menurut dia prediksi naik 10 persen dari tahun sebelumnya karena memang pada tahun ini tidak ada lagi larangan penerbangan, selain itu juga sudah tidak ada lagi syarat-syarat yang memberatkan untuk bepergian menggunakan pesawat.

"Kalau pergerakan pemudik di NTT tidak jauh-jauh kenaikannya, karena memang setiap tahun kisarannya begitu saja," ujar dia.

Sementara itu ujar dia terkait posko Natal Tahun Baru yang sudah disiapkan juga bertujuan mengontrol serta memantau penumpukan penumpang di terminal atau ruang tunggu keberangkatan pemudik.

Karena itu jika ada pemudik yang ingin bertanya-tanya soal informasi penerbangan atau hal lainnya bisa langsung berkoordinasi dengan petugas yang bertugas saat itu.

Lilik menambahkan bahwa kapasitas ruang tunggu dari bandara El Tari Kupang juga sudah diperbaharui,kini terminal bandara itu sudah mampu menampung pengguna jasa pesawat mencapai 3.000an penumpang per harinya.

"Karena itu dia mengatakan bahwa kapasitas itu masih sangat cukup, karena membludaknya pemudik terjadi pada jam-jam tertentu saja," ujar dia.

Terkait puncak arus mudik sendiri ujar dia akan terjadi dua kali. Dimana pada Jumat (22/12) jelang Natal dan 29 Desember jelang perayaan Tahun Baru 2024.

Baca juga: Bandara El Tari Kupang siapkan empat "parking stand" dukung KTT ASEAN
Baca juga: Arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Bandara El Tari Kupang menurun

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023