Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak jurnalis dan media untuk menyebarluaskan informasi mengenai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan berlangsung pada 10 dan 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

“Jadi kita harapkan peran serta partisipasi media yang cukup tinggi antusias. Mudah-mudahan hasil KTT ASEAN ke-42 yang akan dipimpin oleh Bapak Presiden bisa ditransmisikan dengan cepat dan dengan baik kepada seluruh masyarakat, sehingga semua pilar-pilar yang diharapkan dan dihasilkan diketahui oleh masyarakat," ujar Johnny dalam rilis pers, Senin (8/5).

Usai meninjau Media Center KTT ke-42 ASEAN di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan fasilitas infrastruktur digital dan telekomunikasi di media center sudah tersedia dengan baik.

“Internetnya cepat, high speed internet. Jadi di sini ada layanan melalui fiber optik, juga ada fasilitas 4G dan 5G," ujarnya.

Baca juga: Menkominfo pastikan infrastuktur digital KTT ke-42 ASEAN memadai

Menurut Menteri Johnny, mitra operator seluler yakni Telkomsel telah menambahkan base transceiver station (BTS) dalam jumlah yang banyak, bahkan juga menyiapkan BTS Combat.

Dia mengungkapkan sejauh ini tidak ditemukan adanya hal-hal di luar dugaan. Dia berharap layanan yang diberikan akan prima selama KTT berlangsung.

Johnny menegaskan dukungan fasilitas infrastruktur TIK di media center diharapkan dapat membantu awak media dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN.

Baca juga: Menkominfo nyatakan media center KTT ke-42 ASEAN siap digunakan

Mengenai jumlah jurnalis terdaftar, Menteri Johnny menyatakan hingga Senin (8/5), pukul 14:47 WITA, tercatat sebanyak 448 media telah terdaftar dan terverifikasi panitia KTT ke-42 ASEAN.

“Media luar negeri yang berdomisili di Indonesia sebanyak 76 media, 45 media dari luar negeri, 152 media nasional, 122 DEO, dan 53 host foto ditambah broadcast,” ujarnya.

Johnny menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke lokasi media center pada Selasa, untuk melihat persiapan menjelang puncak KTT ke-42 ASEAN.

“Selain itu, Kepala Negara juga akan menggelar konferensi pers secara resmi pada tanggal 13 Mei 2023. Jadi untuk itu mudah-mudahan nanti media juga akan mendapat semua deliverables yang dihasilkan selama dua hari KTT," kata dia.

Baca juga: Wartawan asing puji fasilitas media center KTT ASEAN kepada Menkominfo

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023