Changsha (ANTARA) - CHANGSHA, 9 Mei (Xinhua) -- Sejumlah besar produk khas dari Asia Tenggara, termasuk biji kopi Indonesia, buah-buahan dari Thailand, dan batu amber dari Myanmar, berhasil memikat perhatian para pelanggan di Provinsi Hunan, China tengah, melalui Pameran Ekonomi dan Perdagangan RCEP (Huaihua) Hunan yang baru saja digelar di provinsi tersebut.

Pameran ini digelar secara luring dan daring serta mencatatkan penandatanganan 113 proyek kerja sama.

Sejumlah produk khas dari Asia Tenggara dan negara-negara lain dalam RCEP menarik perhatian para pelanggan serta pengunjung, dan produk lokal dari Huaihua juga banyak diminati pembeli dari luar negeri.
 
   Sebuah perusahaan perdagangan internasional dari Thailand menandatangani perjanjian jual beli buah-buahan dengan Asosiasi Industri Buah-buahan Kota Huaihua, yang nilainya mencapai 150 juta yuan (1 yuan = Rp2.122), menjadi salah satu contoh keberhasilan dari pameran itu. Sejumlah seminar mengenai Koridor Perdagangan Darat-Laut Internasional Baru dan kerja sama industri juga digelar pada waktu yang sama.   Menurut Xu Ningning, yang menjabat sebagai direktur eksekutif Dewan Bisnis China-ASEAN dan ketua Komite Kerja Sama Industri RCEP, China dan negara-negara RCEP lainnya bisa saling melengkapi serta memiliki sangat banyak peluang kerja sama. Semua pihak harus memanfaatkan kesempatan itu dan perusahaan terkemuka harus memainkan peranannya yang penting dan secara bertahap membangun mekanisme kerja sama industri terkait, imbuhnya.


Huaihua merupakan satu-satunya kota simpul di Provinsi Hunan di sepanjang koridor tersebut serta pusat pemuatan dan distribusi kargo untuk negara-negara ASEAN. Selain itu, Kota Huaihua juga menjadi titik awal dan perlintasan sejumlah jalur kereta kargo internasional.
 
   Menurut Xu Ningning, yang menjabat sebagai direktur eksekutif Dewan Bisnis China-ASEAN dan ketua Komite Kerja Sama Industri RCEP, China dan negara-negara RCEP lainnya bisa saling melengkapi serta memiliki sangat banyak peluang kerja sama. Semua pihak harus memanfaatkan kesempatan itu dan perusahaan terkemuka harus memainkan peranannya yang penting dan secara bertahap membangun mekanisme kerja sama industri terkait, imbuhnya


"Pameran seperti ini merupakan platform untuk terus memperluas bidang kerja sama sehingga para peserta dapat sama-sama meraih keuntungan," ujar Xu. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023