Tanpa dukungan dari teknologi upaya pengembangan UMKM kurang memiliki gaung yang lebih
Manokwari (ANTARA) - PT Telkom Indonesia wilayah Papua Barat akan memperkuat layanan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM di wilayah itu.
 
"Kami berupaya memberikan support penuh," kata General Manager Telkom Papua Barat Amri Pary Usamahu di Manokwari, Selasa.
 
Menurut dia, perkembangan teknologi digital saat ini memberikan dampak positif terhadap pemasaran produk UMKM yang semakin luas melalui pasar digital (e-commerce).
 
Telkom senantiasa memberikan dukungan konektivitas melalui penyediaan infrastruktur TIK yang ditopang kualitas jaringan internet dari Telkomsel.
 
Hal itu bermaksud supaya strategi pengembangan UMKM berbasis digital yang gencar dilakukan oleh pemerintah daerah berjalan maksimal sesuai ekspektasi.
 
"Tanpa dukungan dari teknologi upaya pengembangan UMKM kurang memiliki gaung yang lebih," kata Amri.
 
Selain meningkatkan kualitas infrastruktur, kata dia, Telkom secara masif mengedukasi pelaku UMKM sehingga mampu memanfaatkan teknologi digital.
 
Saat ini, Telkom telah melakukan pembaharuan satu kesatuan ekosistem digital yakni platform metaNesia dalam menghadapi perkembangan teknologi.
 
Platform tersebut merupakan inovasi BUMN bagi pelaku UMKM menuju Pasar Digital (PaDi) yang dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai macam produknya.
 
"Telkom memiliki platform metaNesia untuk mendukung ekosistem digital yang terkoneksi dengan aplikasi PaDi," kata dia.
Pameran produk UMKM yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Bank Indonesia Papua Barat dalam rangka GBBI dan GBWI di Manokwari, Selasa. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)

Amri mengapresiasi pameran produk UMKM yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Bank Indonesia dalam rangka Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI).
 
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari yakni 8-10 Mei 2023 di Kabupaten Manokwari itu merupakan langkah strategis menyiapkan pelaku UMKM masuk ke ekosistem pasar digital.
 
"Even seperti ini lebih memberdayakan UMKM yang ada di daerah dan bisa terekspos ke luar," ujar dia.
 
Amri berharap penyelenggaraan kegiatan bagi pelaku UMKM dapat dilaksanakan secara berkala sebagai wujud perhatian pemerintah mendorong eksistensi pelaku usaha di daerah.
 
Pelaksanaan kegiatan juga bermanfaat mendatangkan pengunjung dari luar daerah yang kemudian memberikan manfaat ekonomis bagi daerah setempat.
 
"Sekarang masyarakat sudah sering melakukan belanja virtual. Telkom prinsipnya selalu mendukung," kata dia.

Baca juga: Internet berkecepatan tinggi segera dinikmati di Teluk Wondama

Baca juga: Kominfo gencarkan literasi digital di Papua Barat

Baca juga: Raja Ampat dan BI launching pembayaran digital 11 destinasi wisata
 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023