Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menginginkan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta dibangun memiliki karakter tersendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi usai mengunjungi Kebun Bibit Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin. "Nanti Jakarta harus punya karakter sendiri landscapenya," kata Jokowi.

Untuk itu, dia sudah menggandeng para profesional untuk bisa 'menerjemahkan' karakter Jakarta menjadi sebuah tata taman serta RTH. "Nanti itu urusan yang ahli, pesan saya ya itu harus beda dari yang lain," katanya.

Dalam upaya mewujudkan programnya ini, Jokowi serta jajarannya dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman sudah menyiapkan beberapa jenis tanaman untuk menghijaukan Jakarta.

Agar penghijauan cepat terwujud, Pemprov akan menggunakan tanaman yang cepat tumbuh.

Dia juga mengatakan akan menggunakan tanaman yang produktif seperti mangga serta tanaman yang bisa mengingkatkan estetika taman. "Ada lagi tanaman karakter tadi, itu untuk memperkuat karakter kota," katanya.

Dia sudah menyiapkan dana hingga Rp20 miliar agar pelaksanaan penghijauan Jakarta bisa segera dilakukan. "Kalau perlu tahun depan naik lagi jadi Rp1 triliun," kata Jokowi.

(Dny) 

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013