Presiden bukan hanya kepala pemerintahan, melainkan kepala negara.
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPD RI Abdul Kholik mengatakan bahwa sosialisasi oleh bakal calon presiden (bacapres) menjadi sarana pendidikan politik yang positif bagi masyarakat.

"Sejauh ini sosialisasi (bakal) capres masih dalam tataran positif dan menjadi sarana pendidikan politik bagi masyarakat," ujar Abdul Kholik dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Abdul bersyukur para kandidat yang ada saat ini memiliki kapabilitas memimpin bangsa.

"Tampak dalam berinteraksi dengan masyarakat menawarkan gagasan-gagasan untuk mengatasi persoalan bangsa dan tantangan ke depan," kata Abdul Kholik.

Abdul Kholik berharap sosialisasi para tokoh politik membuat masyarakat mulai bisa mengenali visi, misi, dan yang paling penting adalah kenegarawanan setiap kandidat.

"Presiden bukan hanya kepala pemerintahan, melainkan kepala negara. Harus mengayomi semua. Tidak boleh memiliki kecenderungan pada pihak tertentu saja," katanya lagi.

Pria asal Cilacap, Jawa Tengah, ini juga berharap KPU dan Bawaslu memberikan ruang secukupnya kepada para kandidat capres untuk menyapa warga.

"Rambu-rambu tetap diperlukan untuk menjaga agar tetap dalam koridor fairness," ujar Abdul Kholik.

Beberapa waktu lalu, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan bahwa momen pelaksanaan pemilu merupakan saat persatuan bangsa diuji. Masyarakat berpotensi terpolarisasi akibat panasnya tekanan politik.

Oleh karena itu, diperlukan penyatuan langkah agar pelaksanaan Pemilu 2024 tidak menimbulkan ketegangan dan potensi konflik di tengah masyarakat.

"Tentunya kita tidak ingin mengulangi pengalaman buruk pemilu yang lalu. Kita mesti bulatkan tekad dan satukan langkah agar Pemilu 2024 menjadi pemilu yang aman, damai, dan berkualitas," ujar Ma’ruf Amin.

Baca juga: Anies Baswedan ajak masyarakat teladani Habib Sholeh di Jember
Baca juga: Ganjar sampaikan pentingnya nilai kebangsaan di UIN Gus Dur
Baca juga: Gerindra minta kader tak reaktif atas serangan terhadap Prabowo

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023