... akar permasalahan konflik horizontal di Lampung selama 2012 masih banyak yang belum selesai... "
Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Komandan Korem 043 Garuda Hitam, Kolonel Czi Amalsyah Tarmizi, memprediksikan pada 2013 konflik di provinsi itu masih akan terjadi dan perlu segera diantisipasi sedini mungkin.

"Kita ketahui 2013 merupakan tahun politik, ada pemilihan gubernur bahkan mempersiapkan untuk Pemilihan Umum 2014," kata Tarmizi, di Bandarlampung, Selasa.

Menurut dia, akar permasalahan konflik horizontal di Lampung selama 2012 masih banyak yang belum selesai dan bukan mustahil bisa muncul kembali.

"Ada persoalan PT Silva Inhutani yang belum selesai, sementara perambah terus meningkat di kawasan register 45," ujarnya.

Ia mengatakan lebih lanjut, upaya mengantisipasi konflik tersebut perlu ditindaklanjuti dengan mengoptimalkan kepala desa, babinsa dan babinkantibmas untuk mengatasi permasalahan sedini mungkin.

"Seperti halnya konflik yang terjadi di Lampung Selatan memang kelihatannya tenang tapi itu menghanyutkan," katanya.

Apalagi tambah dia, kondisi perpolitikan juga turut menghangatkan konflik terus berkembang di Lampung.

"Kami akan turun ke daerah-daerah untuk menyosialisasikan kesepakatan rembug pekon dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di Provinsi Lampung," ujar dia lagi.

(EM/A054)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013