Jadi ketika mereka berbelanja di Uniqlo dan melihat Neighborhood Collaboration, tertarik dengan produknya, di-scan barcode yang ada, terhubung dengan penjual dan melakukan transaksi
Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 18 UMKM di Kota Tangerang mengikuti proses kurasi perusahaan ritel global asal Jepang, Uniqlo, agar produk mereka bisa dijual di toko tersebut dan nantinya akan dipilih enam yang masuk kategori.

Legal/Government Relations Officer UNIQLO Indonesia, Christoper Mogot, di Tangerang, Rabu, mengatakan dari 18 UMKM yang telah daftar melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tangerang nantinya akan diseleksi dan dipilih enam.

Nantinya, lanju dia, keenam UMKM yang terpilih akan hadir produknya di gerai Uniqlo One District at Puri, Kecamatan Karang Tengah, selama satu tahun.

"Pelaku UMKM dapat mengganti produknya per enam bulan. Tetapi tetap dari pelaku UMKM yang sama," katanya dalam proses kurasi di Gedung Cisadane, Rabu.

Ia menjelaskan Program Neighborhood Collaboration ini sudah ada di 41 toko dari 64 toko Uniqlp di Indonesia. Di setiap toko Neighborhood Collaboration, ada UMKM pilihan yang lolos kurasi dari lokasi kota toko tersebut berada.

Baca juga: Uniqlo siapkan delapan gerai baru hingga pertengahan 2023

Untuk Kota Tangerang, katanya, cukup spesial karena Uniqlo akan hadir di One District at Puri dan tidak menyatu dengan mall. Sebanyak enam UMKM yang sudah dikurasi akan ditampilkan di gerai sebagai bagian Neighborhood Collaboration. "Rencananya, store akan dibuka akhir Mei ini,” ujarnya.

Christoper Mogot menambahkan nantinya produk yang terpilih akan diberikan scan barcode ke Instagram. Tujuannya adalah agar pelanggan Uniqlo Indonesia bisa menjadi pelanggan dari UMKM juga.

"Jadi ketika mereka berbelanja di Uniqlo dan melihat Neighborhood Collaboration, tertarik dengan produknya, di-scan barcode yang ada, terhubung dengan penjual dan melakukan transaksi,” lanjutnya.

Sub-Koordinator Data dan Peningkatan Kualitas SDM Usaha Mikro, Disperindagkop UKM Tangerang, Musokib berharap UMKM yang ada di Kota Tangerang dapat menyentuh pasar internasional.

“Ini adalah salah satu program dan sarana membantu mempromosikan UMKM yang ada di Kota Tangerang. Uniqlo ini jaringan toko yang luar biasa, dengan sentralnya ada di Jepang. Dengan kolaborasi ini, UMKM yang nanti terpilih dapat dikenal secara domestik, bahkan sampai internasional,” harapnya.

Baca juga: Uniqlo siapkan delapan gerai baru hingga pertengahan 2023
Baca juga: Cara Uniqlo rayakan hari jadi pertama di Indonesia

 
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023