Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 597 mahasiswa yang masuk melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk tahun 2023 lulus beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Universitas Syiah Kuala.

“Mereka yang lulus ini telah melewati tahapan seleksi yang ketat dan sesuai dengan ketentuan, sehingga berhak menerima beasiswa KIP-K tersebut,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan Prof Mustanir di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan jumlah penerima beasiswa KIP-K tersebut adalah para mahasiswa baru yang berhasil lulus seleksi dari 1.153 pelamar beasiswa KIP-K melalui jalur SNBP pada tahun 2023.

Mustanir juga mengingatkan kepada para mahasiswa yang berhak menerima beasiswa KIP-K tersebut untuk wajib melakukan pendaftaran ulang tanpa perlu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau SPP, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga: UTBK SNBT di USK berlangsung di 12 lokasi

Baca juga: 9.758 peserta ikut UTBK SNBT di USK


Ia mengatakan kelulusan mereka ini juga mengacu kepada data publik yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial, Dukcapil dan BKKBN yakni meliputi Program Indonesia Pintar dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP), tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) seperti PKH, PBI JK, atau BPNT, dan tercatat dalam basis data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Mahasiswa yang dinyatakan lulus KIP-K dengan verifikasi wajib membayar UKT/SPP, maka uang SPP tersebut akan dikembalikan apabila kemudian dinyatakan lulus verifikasi,” katanya.

Sementara bagi pelamar beasiswa KIP-K yang tidak lulus, maka mahasiswa tersebut statusnya seperti mahasiswa reguler lainnya yang biaya pendidikannya ditanggung sendiri.

“Informasi lengkap untuk tahapan pendaftaran ulang beasiswa KIP-K ini dapat diakses pada laman resmi website USK atau dapat menghubungi Unit Layanan Terpadu (ULT) USK pada nomor: 08116701962,” katanya.

Mustanir menyebutkan jumlah penerima beasiswa KIP-K di USK pada tahun 2023  sebanyak 1.611 dari 2.172 pelamar.​​​​​*

Baca juga: Produk nilam USK diminati komunitas internasional di Hannover Jerman

Baca juga: USK-Czech University jajaki kerja sama kolaborasi riset sawit


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023