Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor dua dunia dan juara Australian Open Aryna Sabalenka langsung tersingkir pada pertandingan pertama Italian Open di Roma, Kamis waktu setempat, setelah kalah dari petenis peringkat 134 asal Amerika Serikat Sofia Kenin.

Sabalenka, juara di Madrid akhir pekan lalu, kalah 6-7 (4/7), 2-6 dari Kenin, petenis berusia 24 tahun yang kariernya terjun bebas sejak kemenangan mengejutkan di Australian Open 2020.

Kemenangan Kenin, yang diperoleh dalam waktu satu jam 38 menit itu merupakan kemenangan pertamanya di Roma sejak 2019.

Keberhasilan tersebut juga merupakan kemenangan pertamanya melawan rival dengan peringkat 10 besar dunia sejak mengalahkan petenis nomor satu dunia Ashleigh Barty dalam perjalanannya menuju kemenangan Grand Slam di Melbourne tiga tahun lalu.

Sabalenka belum pernah dikalahkan sebelum perempat final dalam ajang apa pun tahun ini. Ia pun mencatatkan rekor 29 kemenangan sepanjang tahun ini.

Baca juga: Sabalenka kalahkan Swiatek untuk sabet gelar Madrid Open

"Jelas sangat senang, saya bermain sangat baik," kata mantan peringkat empat dunia Kenin, seperti disiarkan AFP, Jumat.

"Tentu saja dia mendapatkan beberapa hasil yang bagus, tahun yang hebat. Tetapi saya bermain tanpa banyak tekanan sepanjang pertandingan."

Mantan peringkat empat dunia Kenin akan menghadapi petenis Ukraina Anhelina Kalinina yang menang 6-2, 6-2 atas Anna Blinkova untuk memperebutkan tempat di babak keempat.

Kejutan lain datang dari Taylor Townsend yang berperingkat 168. Dia mengalahkan peringkat ketiga Jessica Pegula 6-2, 3-6, 6-3 untuk melaju ke babak ketiga.

Satu-satunya kemenangan Townsend atas petenis peringkat 10 besar dunia adalah pada babak keempat US Open 2019, saat mengalahkan Simona Halep yang saat itu menduduki peringkat keempat dunia. Di babak ketiga Italian Open, Townsend akan menghadapi Wang Xiyu dari China.

"Itu 100 persen mental bagi saya. Saya tahu saya tidak akan rugi apa-apa... Saya hanya merasa sangat siap," kata petenis kidal Townsend.

"Saya mencoba untuk tetap sebebas mungkin dan bersenang-senang di luar sana, dan saya melakukannya."

Sementara itu, peringkat lima dunia Coco Gauff lolos ke babak ketiga seusai menang 6-0, 6-1 atas Yulia Putintseva hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Pada pertandingan lainnya, mantan petenis nomor satu dunia Victoria Azarenka mengakhiri enam kemenangan beruntun Sloane Stephens 6-4, 6-3 untuk mencapai babak ketiga.

Baca juga: Murray menangi gelar pertama sejak 2019 di Aix-en-Provence Challenger
Baca juga: Alcaraz raih penghargaan Laureus Breakthrough Of The Year 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023