Banda Aceh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyatakan Kementerian Sosial akan memberikan bantuan khusus untuk kabupaten itu dalam tindak lanjut penanganan bencana di kabupaten itu.

“Dirjen Limjamsos Robben Rico sangat peduli dengan permasalahan dan dinamika sosial kemasyarakatan di wilayah kerjanya dan beliau memastikan akan menambah anggaran melalui fasilitas yang ditalangi Kemensos, terutama di Aceh Besar,” kata Muhammad Iswanto dihubungi di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan dalam pertemuan dengan Dirjen Limjamsos, pada tahun anggaran 2022, Kemensos telah memberikan bantuan khusus untuk Aceh Besar, seperti biaya untuk rehab rekon rumah warga yang dihantam puting beliung, serta beberapa fasilitas lain,” katanya.

Dalam pertemuan itu, ia mengatakan Dirjen Robben Rico juga akan menambah kuota penerima PKH dan BPNT untuk Aceh Besar, sehingga mereka yang berhak menerima tercakup dalam bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut.

 

Ia menambahkan Dirjen juga menyatakan pihak Kemensos RI akan melakukan pengisian bufferstock untuk empat lumbung KSB (Kampung Siaga Bencana) di Aceh Besar termasuk akan membentuk KSB di Pulo Aceh.

Muhammad Iswanto yang dalam pertemuan itu didampingi Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil dan Kepala Bappeda Rahmawati, mengatakan Dirjen Limjamsos juga berkomitmen melakukan program Rehat Rumah Sehat Sejahtera di Aceh Besar, pengadaan rescue boat untuk Pulo Aceh, untuk kelancaran mobilitas bantuan kedaruratan ke Kecamatan Pulo Aceh.

“Intinya, Kemensos akan menambah anggaran secara signifikan untuk Aceh Besar, melalui program mereka. Semua itu kita usulkan secara komprehensif, sehingga Pak Dirjen langsung menyetujuinya,” demikian Iswanto.*

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023