Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H Mahyudin menyebutkan sebanyak 4.960 calon haji Riau sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) per 12 Mei 2023.

"Sebanyak 4.960 calon haji Riau sudah membayar lunas Bipih. Setelah masa pelunasan Bipih berakhir, maka akan diketahui jumlah kelompok terbang (kloter)," kata Mahyudin dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu.

Baca juga: Kuota Haji Riau tahun 2023 sebanyak 5.060 jamaah

Ia mengatakan, selanjutnya Kemenag Riau akan melakukan persiapan, seperti menetapkan kloter untuk kabupaten/kota, membuat pra-manifes, membuat SPMA untuk penerimaan dan pemberangkatan di asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, dan lain-lain terkait pemberangkatan calon haji itu.

Mahyudin mengatakan jamaah calon haji Riau akan diberangkatkan dalam 13 kloter penuh dan 1 kloter gabungan melalui Embarkasi Haji Batam bersama tiga provinsi lain yakni Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Berdasarkan rilis jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji musim 1444 H/2023 M yang ditandatangani Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau diketahui bahwa jamaah calon haji Riau akan masuk asrama haji mulai 23 Mei 2023 pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Riau dapat kuota tambahan 183 calon haji

"Sebanyak 14 kloter yang akan diisi oleh jamaah calon haji Riau, terdiri atas 13 kloter berada pada gelombang pertama dan satu kloter berada pada gelombang kedua," katanya.

Menurut dia, jamaah calon haji Riau gelombang pertama yang tergabung dalam kloter 02 BTH berasal dari Kota Pekanbaru akan memasuki asrama EHA pada 23 Mei 2023 pukul 17.00 WIB dan diberangkatkan pada 24 Mei 2023 pukul 17.40 WIB menuju Arab Saudi.

Dalam satu hari, kata dia, Embarkasi Haji Batam akan memberangkatkan dua kloter.

Baca juga: Kemenag: Calon jamaah haji tidak didampingi mahram lagi

"Embarkasi Haji Batam akan memberangkatkan jamaah calon haji dalam satu hari itu dua kloter, karena jumlah jamaah Riau lebih banyak dari 3 provinsi lain. Jamaah Riau akan transit di Bandara Hang Nadim Batam untuk melanjutkan perjalanan menuju Arab Saudi," demikian Mahyudin.
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023