Jakarta (ANTARA) - Ketua DPW Partai NasDem Jawa Tengah Lestari Moerdijat atau Rerie mengatakan bahwa jumlah bakal calon anggota legislatif (bacaleg) perempuan Partai NasDem Jawa Tengah melampaui kuota 30 persen.

"Khusus bacaleg perempuan yang didaftarkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Tengah jumlahnya jauh melebihi persyaratan yang ditetapkan penyelenggara pemilu," kata Rerie dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Pada kesempatan pendaftaran bacaleg pada hari Kamis (11/5), dokumen bacaleg yang didaftarkan Partai NasDem Jawa Tengah dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU dan seluruh KPU tingkat kabupaten/kota.

Menurut Rerie, jumlah bacaleg perempuan Partai NasDem Jawa Tengah yang didaftarkan untuk DPRD tingkat provinsi tercatat 47 perempuan dari 120 bacaleg atau 39,2 persen.

Untuk calon anggota DPRD kabupaten/kota, kata dia, DPW Partai NasDem Jawa Tengah mendaftarkan 642 perempuan dari total 1.610 bacaleg yang terdaftar atau 39,9 persen.

"Sementara itu, jumlah bacaleg perempuan Partai NasDem Jawa Tengah yang didaftarkan untuk calon anggota DPR RI tercatat 28 perempuan dari total 77 bacaleg yang didaftarkan atau 36,4 persen," tuturnya.

Rerie yang juga legislator dari Dapil Jawa Tengah II itu sangat berharap jumlah perempuan yang terdaftar sebagai bacaleg di sejumlah tingkatan wilayah dari Partai NasDem Jawa Tengah itu dapat dipercaya dan menjadi pilihan masyarakat pada Pemilu 2024.

Wakil Ketua MPR RI ini mendorong para pengurus partai politik, mulai dari tingkat daerah, wilayah, hingga tingkat pusat, dan masyarakat terus memperkuat komitmen untuk meningkatkan partisipasi perempuan di institusi dan lembaga publik.

Rerie juga meyakini dengan makin banyaknya partisipasi perempuan yang terlibat dalam pengambilan kebijakan di negeri ini, akan mampu meningkatkan kualitas kebijakan yang dihasilkan sejumlah lembaga, termasuk di lembaga legislatif.

Rerie berharap semua pihak, mulai dari partai politik, para pemangku kebijakan, hingga masyarakat, dapat berkolaborasi dengan baik dalam upaya terus meningkatkan keterwakilan perempuan di lembaga-lembaga publik yang memproduksi berbagai kebijakan sebagai landasan aturan dalam mengakselerasi pembangunan di negeri ini.

Baca juga: KPU Jawa Barat terima pendaftaran 120 Bacaleg Partai NasDem
Baca juga: Nasdem DKI daftarkan 106 bacaleg ke KPU

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023