Untuk teman-teman, saya dapat mengabarkan reservasi hotel di sekitar area GBK sudah di atas 90 persen
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, reservasi hotel di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) hampir penuh menjelang konser band Coldplay pada 15 November 2023.
 
“Untuk teman-teman, saya dapat mengabarkan reservasi hotel di sekitar area GBK sudah di atas 90 persen,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Senin.
 
Sementara untuk hotel di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara, lanjut dia, masih memiliki ketersediaan kamar sekitar 40-50 persen di sekitar tanggal 15 November 2023.
 
Ia pun telah memberikan instruksi kepada para pengusaha hotel agar memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung konser Coldplay ini, sehingga pengunjung mendapatkan kenangan baik hotel dari sisi pelayanan.

Baca juga: Polda Metro Jaya siap amankan konser Coldplay
 
Pengusaha hotel turut diminta untuk memastikan kesiapan SDM dengan memberikan pelatihan, hal ini karena penonton konser merupakan wisatawan yang kritis, sehingga diharapkan narasi yang keluar terkait konser ini mampu menggambarkan keindahan alam Indonesia dan keramahan masyarakat Indonesia.
 
Sementara terkait isu Coldplay yang menambah satu hari konser di Jakarta, Sandiaga meminta masyarakat agar tidak terlalu berharap karena ketersediaan waktu band yang digawangi Chris Martin ini terbilang padat.
 
“Tapi kami sangat mendukung, saya sudah sampaikan pada promotor, jika mereka menambah satu hari lagi maka kita akan membantu fasilitasi,” ujarnya.
 
Dari sisi kesiapan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak promotor agar konser ini dapat dipersiapkan dengan komprehensif mulai dari perizinan, aspek keselamatan, keamanan dan kesehatan.
 
Tak ketinggalan, pihaknya juga berkoordinasi terkait aspek keberlanjutan lingkungan mulai dari pengelolaan sampah yang baik, pemanfaatan energi baru terbarukan hingga penggunaan mobil listrik.

Baca juga: Simak harga tiket konser Coldplay di Jakarta, termahal Rp11 juta

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023