Melbourne (ANTARA News) - Novak Djokovic harus bertarung selama lima jam untuk mengalahkan petenis Swiss Stanislas Wawrinka dalam pertandingan lima set untuk mencapai perempat final Australia Terbuka, Minggu.

Petenis Serbia itu harus mengerahkan segenap kemampuannya untuk menyudahi perlawanan berani dari petenis unggulan ke-15 Wawrinka sebelum akhirnya mencatat kemenangan 1-6, 7-5, 6-4, 6-7 (5/7), 12-10 dalam pertandingan yang menghabiskan waktu lima jam dan dua menit yang baru berakhir pada pukul 01:41 dini hari waktu setempat, lapor AFP.

Pada perempat final yang akan digelar pada Selasa, Djokovic akan ditantang unggulan kelima asal Ceko Tomas Berdych.

Wawrinka, pasangan Roger Federer di tim Piala Davis Swiss, menciptakan pertandingan terbaiknya untuk menyeret juara tiga kali Australia Terbuka Djokovic hampir ke gerbang kekalahan pada set terakhir yang berlangsung 104 menit.

Tapi akhirnya Djokovic dapat mencapai perempat final Grand Slam untuk ke-15 kalinya secara beruntun dan membuat catatan menang-kalahnya pada pertandingan lima set menjadi 18-6.

Wawrinka sebelumnya mengejutkan petenis nomor satu dunia itu dengan tiga kali mencuri angka servis untuk memenangi set pertama hanya dalam waktu 25 menit.

Djokovic mencuri angka servis pertama Wawrinka pada set kedua tapi kejutan terus berlanjut saat unggulan teratas itu kehilangan angka dari servisnya untuk keempat kalinya secara beruntun.

Petenis Swiss itu sempat unggul 4-1 pada set kedua, tapi Djokovic bisa bangkit dan menyamakan set dalam pertandingan tersebut.

Djokovic mencuri angka dari servis pertama Wawrinka pada set ketiga. Petenis Swiss itu dapat membalas pada game berikutnya tapi kemudian kehilangan angka servisnya pada game kesembilan dan Djokovic merebut set ketiga itu untuk unggul 2-1.

Tapi Wawrinka, yang diganggu dengan cedera di pangkal paha dan otot paha belakang, kembali melakukan perlawanan dan memaksa set keempat memasuki tiebreak.

Petenis Swiss itu berjuang keras untuk tiga kali "set point" dan akhirnya bisa memaksa pertandingan ke set kelima atau set penentuan.

Wawrinka unggul lebih dulu pada set penentuan dengan mencuri angka dari servis Djokovic, tapi kemudian Djokovic membalasnya pada game berikutnya.

Pertandingan berlanjut dengan angka dari servis masing-masing dalam 19 game berikutnya, sampai akhirnya Djokovic merebut kemenangan pada "match point" ketiganya. (I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013