Pada pemotongan nasi tumpeng itu, Ibu Negara didampingi oleh Ketua Umum Dekranas, Wuri Ma’ruf Amin, pengurus Dekranas, dan pengurus Dekranasda Provinsi Sumatera Utara di atas panggung
Medan (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo memotong nasi tumpeng menandai peringatan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-43 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Pada pemotongan nasi tumpeng itu, Ibu Negara didampingi oleh Ketua Umum Dekranas, Wuri Ma’ruf Amin, pengurus Dekranas, dan pengurus Dekranasda Provinsi Sumatera Utara di atas panggung.

Peringatan HUT Dekranas ke-43 ini disemarakkan dengan pergelaran seni tarian etnis dipadukan peragaan busana berbahan kain khas daerah-daerah di Indonesia, dan dimeriahkan penampilan artis penyanyi papan atas Tanah Air, Ari Lasso.

Tidak kurang sebanyak 1.496 orang undangan, di antaranya pengurus Dekranasda provinsi maupun kabupaten/kota se Indonesia menghadiri puncak acara HUT Dekranas ke-43 tersebut.

Selain itu, secara resmi Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga membuka pelatihan wirausaha baru dan meninjau Expo HUT Dekranas ke-43 di Lapangan Benteng Medan.

Beberapa Dekranasda provinsi maupun kabupaten/kota se Indonesia menampilkan busana berbahan khas daerah diiringi lagu dan tarian ini antara lain Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atila Praratya dan Ketua Dekranada Kota Medan Kahiyang Ayu.

Ketua Umum Dekranas Wuri Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengapresiasi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri puncak peringatan HUT Dekranas ke-43 ini.

Secara khusus, dia mengucapkan, terima kasih kepada Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dan Dekranasda Kota Medan karena bersedia menjadi tuan rumah dan sukses melaksanakan perhelatan akbar ini.

Wuri mengharapkan di usia ke-43 tahun ini Dekranas semakin produktif dan kreatif dalam memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.

Pihaknya terus melakukan berbagai program pelatihan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para perajin.

Menurutnya, saat ini keberadaan perajin di daerah berkurang akibat regenerasi belum berjalan dengan baik.

"Karena itu, kita akan terus melaksanakan program-program melahirkan wirausaha baru," demikian istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini.

Baca juga: Iriana saksikan sembilan istri Gubernur dilantik jadi Ketua Dekranasda

Baca juga: Faunia Kasuba dilantik sebagai Ketua Dekranasda Malut di Istana Negara

Baca juga: Ibu Negara bersama OASE KIM tinjau Pameran Dekranasda NTT

Baca juga: Dekranas: sinergi diperlukan untuk tingkatkan daya saing

 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023