"Sinergi ini menjadi hal utama guna mempersiapkan diri dalam menghadapi momen nasional. Seperti menciptakan suasana kondusif pada even politik tahun depan. Sebab, ketertiban di seluruh wilayah menjadi bagian terpenting dalam menghadapi momen Pemilu,"
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar bersama jajaran TNI dan Polri menggelar Apel Tiga Pilar guna mengantisipasi dan menjaga serta menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Sinergi ini menjadi hal utama guna mempersiapkan diri dalam menghadapi momen nasional. Seperti menciptakan suasana kondusif pada even politik tahun depan. Sebab, ketertiban di seluruh wilayah menjadi bagian terpenting dalam menghadapi momen Pemilu," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di lapangan Karebosi Makassar, Selasa.

Pria disapa akrab Danny Pomanto ini menyakini dengan kekompakan TNI dan Polri akan menjadi kunci keberhasilan dan menutup celah bagi orang yang ingin melakukan provokasi, adu domba atau membuat tindakan kriminal.

Selain itu, usaha mitigasi dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas mesti dilaksanakan jauh hari agar situasi agenda politik Pemilu 2024 yang dilaksanakan serentak berjalan aman dan kondusif.
 
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (kiri) bersama Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib (dua kiri) menyalami personil TNI disela Apel Tiga Pilar di Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/5/2023). ANTARA/HO/Dokumentasi Pemkot Makassar.


Wali kota dua priode ini mengemukakan, kolaborasi dalam apel tersebut sudah menjadi rutinitas tiga elemen penting ini. Melalui inisiasi Kapolrestabes, Dandim 1408/BS dan wali kota, maka secara otomatis akan berlangsung secara berkelanjutan.

"Kami sudah melakukan ini di banyak momen. Saya yakin akan memberikan kita konsolidasi secara menyeluruh bukan hanya di lapangan Karebosi, tetapi seluruh sel-sel di kota ini secara bersamaan dengan melibatkan semua pihak," kata Danny Pomanto.

Selain itu, Forkompinda, Tripika, Tripilar, sampai pada tingkatan RT dan RW akan semakin terlihat kompak sampai di lorong-lorong untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

"Insya Allah, kami bertiga akan selalu menjaga kota ini mulai mitigasi, pada peristiwa dan pascaperistiwa tetap selalu bersama-sama mencari solusi agar kota kita menjadi aman," ujarnya menambahkan.

Hal senada disampaikan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib bahwa kondisi yang ada seperti ini menunjukkan wujud sinergitas antara TNI, Polri dan Pemkot Makassar serta didukung dengan partisipasi masyarakat.

"Ini semua kita wujudkan dalam menyelenggarakan situasi Kamtibmas di Makassar yang aman, tertib dan kondusif. Insya Allah, dengan kebersamaan dan komunikasi yang baik ini, wilayah Kota Makassar dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif," tutur Ngajib menekankan.

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023