Seoul (ANTARA) - Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada Selasa, dan meminta bantuan peralatan militer tak mematikan dari Seoul.

Zelenska, istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, mengunjungi Korsel untuk berpartisipasi dalam konferensi media.

Zelenska, yang bertemu dengan Yoon dalam kapasitasnya sebagai utusan khusus Presiden Ukraina, menyatakan harapan untuk mendapat dukungan berupa peralatan militer tak mematikan seperti detektor ranjau.

Yoon mengatakan Korea Selatan akan secara aktif membantu rakyat Ukraina, kata Juru Bicara Presiden Korsel Lee Do Woon.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Yonhap yang diterbitkan pada Selasa, Zelenska mengemukakan kemungkinan Yoon mengunjungi Ukraina, dengan mengatakan bahwa kunjungan tersebut akan sangat mendukung Kiev.

Dia juga menyerukan dukungan "lebih radikal" bagi Ukraina untuk melawan agresi Rusia.

Korsel, produsen utama peluru artileri, mengatakan pihaknya tidak menyediakan senjata mematikan ke Ukraina, karena mempertimbangkan hubungannya dengan Rusia.

Namun, Yoon mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Reuters bulan lalu bahwa pemerintahnya mungkin tidak bersikeras hanya pada dukungan kemanusiaan atau keuangan jika warga sipil di Ukraina diserang secara besar-besaran atau apabila mereka menghadapi situasi "yang tidak dapat dimaafkan" oleh komunitas internasional.


Sumber: Reuters

Baca juga: Ukraina terima bantuan asing Rp246,31 triliun tahun ini
Baca juga: Inggris janjikan Ukraina pesawat nirawak penyerang jarak jauh
Baca juga: Jerman umumkan bantuan militer senilai Rp43,84 triliun untuk Ukraina

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023