Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal yang tengah berjuang untuk pulih dari cedera akan memberikan pengumuman terkait partisipasinya di French Open di tengah beberapa laporan Spanyol yang menyebut petenis itu akan mundur dari grand slam tersebut. 

Pemenang Grand Slam 22 kali itu berjuang untuk pulih dari cedera pinggul yang dideritanya di Australian Open pada Januari dan tidak bermain lagi sejak saat itu.

"Apakah dia bermain atau tidak dan apa alasannya hanya akan dikomunikasikan besok (Kamis)," kata juru bicara Nadal kepada AFP, Rabu.

Nadal akan berbicara mengenai partisipasinya dalam ajang Grand Slam French Open pada Kamis, pukul 16:00 waktu Mallorca, Spanyol, (atau sekira pukul 21.00 WIB) di Rafa Nadal Academy.

Petenis Spanyol berusia 36 tahun itu menarik diri dari turnamen pemanasan French Open, antara lain Barcelona dan Madrid Open, dan awal Mei menegaskan bahwa dia tidak akan berpartisipasi di Italian Open.

French Open yang telah dia menangi sebanyak 14 kali akan dimulai di Paris pada 28 Mei.

Baca juga: Nadal lewatkan turnamen pemanasan French Open di Monte Carlo

Perjuangan Nadal dengan kondisinya selama beberapa tahun terakhir menciptakan keraguan yang lebih luas tentang kariernya. Dia hanya berkompetisi dalam empat pertandingan pada 2023 dengan menang sekali.

Superstar itu berharap dapat bertarung dengan Novak Djokovic di Paris untuk memperpanjang rekor Grand Slam ke-23 setelah petenis Serbia itu menyamai rekornya dengan memenangi Australian Open.

"Itu tergantung apakah Nadal bermain atau tidak," canda Djokovic pekan ini ketika ditanya apakah French Open musim ini akan menjadi ajang di Roland Garros yang paling terbuka untuk peluang juara selama dua dekade.

Nadal menolak tawaran wildcard untuk turnamen Challenger di Bordeaux pekan depan. Dia berkompetisi di turnamen di Prancis itu setiap tahun sejak 2005 yang menjadi turnamen pertama yang ia menangkan.

Petenis yang saat ini berada di peringkat 14 dunia dan akan berusia 37 tahun pada Juni itu hanya kalah tiga kali di French Open sejak debutnya di turnamen tersebut.

Pada 2016, dia terpaksa mundur dari turnamen sebelum babak ketiga karena cedera pergelangan tangan.

Nadal tidak pernah bermain di French Open tanpa pertandingan pemanasan di lapangan tanah liat.

Pertandingan terakhir petenis Spanyol itu adalah kekalahan dua set langsung dari petenis Amerika Mackenzie McDonald di babak kedua Australian Open.

Petenis veteran itu menarik diri dari turnamen lapangan keras di AS pada Maret dengan tujuan untuk memulai musim lapangan tanah liat tetapi pemulihan cederanya tidak berjalan sesuai rencana.

Pada Mei, Nadal mengatakan cederanya telah membaik dengan perawatan baru namun tidak cukup untuk bisa bermain di Roma pekan ini.

Baca juga: Belum pulih dari cedera, Nadal terpaksa absen di Madrid
Baca juga: Nadal kembali lewatkan turnamen, kali ini di Rome Masters

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023