Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal mengungkapkan bahwa dia akan absen di Madrid Masters pekan depan karena masih berjuang untuk pulih dari cedera pinggul.

"Untuk saat ini saya merindukan Monte Carlo dan Barcelona. Dan sayangnya saya juga tidak bisa berada di Madrid," kata Nadal lewat unggahan akun Instagram miliknya, Kamis.

"Cederanya masih belum sembuh."

Petenis Spanyol berusia 36 tahun itu tidak bermain sejak kalah di babak kedua Australian Open pada Januari lalu.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rafa Nadal (@rafaelnadal)



Nadal berharap untuk memperpanjang rekor gelar French Open ke-15 di Roland Garros pada Mei, tetapi masalah fleksor pinggul yang dideritanya di Melbourne sangat mengganggu perjalanannya ke turnamen Grand Slam tersebut.

Juara Grand Slam 22 kali itu -- dia memiliki catatan rekor sama banyaknya dengan Novak Djokovic -- awalnya mengira akan absen hingga dua bulan.

Baca juga: Rafael Nadal mundur dari turnamen Barcelona Open

Dikutip dari AFP, Nadal mundur dari turnamen lapangan keras di Indian Wells dan Miami, dengan tujuan untuk kembali pada awal musim lapangan tanah liat, tetapi itu tidak membuahkan hasil.

"Pada prinsipnya itu seharusnya menjadi periode pemulihan enam hingga delapan minggu dan sekarang sekitar 14 minggu," kata Nadal.

"Kenyataannya adalah bahwa situasinya tidak seperti yang kami harapkan. Semua indikasi medis telah diikuti, tetapi penyembuhan belum berjalan seperti yang mereka katakan pada kami pada awalnya dan kami menemukan diri kami dalam situasi yang sulit."

Nadal mengatakan dia dan timnya telah memutuskan untuk mencoba perawatan yang berbeda dan melihat apakah semuanya membaik, tetapi dia tidak menetapkan tenggat waktu untuk comeback-nya.

"Saya tidak dapat melakukan apa yang saya butuhkan untuk bersaing. Saya sedang berlatih tetapi beberapa hari yang lalu kami memutuskan untuk mengubah arah sedikit, untuk mencoba perawatan lain dan melihat apakah semuanya membaik untuk mencoba mendapatkan apa yang akan terjadi selanjutnya," ujar Nadal.

Baca juga: Nadal lewatkan turnamen pemanasan French Open di Monte Carlo

"Saya tidak bisa memberikan tenggat waktu karena jika saya tahu saya akan memberi tahu Anda, tetapi saya tidak tahu."

"Begitulah keadaannya sekarang," imbuhnya.

Kondisi kebugaran Nadal menjadi masalah yang semakin meningkat sejak dia memenangi gelar French Open ke-14 tahun lalu.

Di Wimbledon musim panas lalu dia terpaksa mundur dari semifinal karena cedera perut.

Bulan lalu Nadal terlempar dari 10 besar untuk pertama kalinya sejak 2005, dan saat ini berada di peringkat ke-14.

French Open dimulai pada 28 Mei, sementara Nadal sekarang berpacu dengan waktu agar fit untuk Roma Masters -- ajang pemanasan terakhir sebelum Roland Garros.

Baca juga: Juara bertahan Nadal harus tersingkir dari Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023