JCH banyak bersyukur bisa berangkat ke tanah suci karena keberangkatan pertama sekaligus yang terakhir mengingat panjangnya daftar tunggu bagi calon haji
Banjarbaru (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Said Abdullah meminta Jamaah Calon Haji (JCH) asal Banjarbaru fokus meraih predikat haji mabrur sebelum diberangkatkan ke tanah suci menjalani ibadah haji.

"Pesan saya, siapkan diri dengan sebaik-baiknya dan fokus meraih haji mabrur. Jangan berpikiran yang lain-lain, fokus saja," ujarnya saat menutup manasik haji di Banjarbaru, Kamis.

Permintaan tersebut disampaikan Sekda di depan 198 jamaah calon haji Kota Banjarbaru yang tergabung dalam kelompok terbang 15 Embarkasi Haji Banjarmasin dan diberangkatkan pada 18 Juni 2023 menuju Jeddah.

Sekda juga berpesan selama berada di tanah suci agar jamaah menjalani rangkaian ibadah haji dengan cara yang proporsional, tidak berlebihan sehingga bisa memenuhi syarat dan rukun haji yang ditetapkan.

"Bersikap proporsional saja seperti makan jangan berlebihan tapi cukup sekedarnya. Juga kesehatan harus dijaga dan jangan memaksakan diri jika situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan," pesannya.

Terkait tawaf mengelilingi Ka'bah, sekda juga berpesan jangan terlalu memaksakan diri, tetap berusaha untuk mencium Hajar Aswad tetapi jika kondisinya tidak memungkinkan, jangan dipaksakan.

Dikatakan Said, bimbingan manasik haji yang diberikan sebelum JCH diberangkatkan ke tanah suci harus disyukuri karena menjadi bekal yang sangat berarti saat jamaah berada di tanah suci Mekah dan Madinah.

"Manasik haji menjadi bekal bagi setiap jamaah sehingga mengetahui rangkaian ibadah haji yang harus dijalani dan menjalankannya sesuai aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Terakhir, sekda berpesan agar JCH banyak bersyukur bisa berangkat ke tanah suci karena keberangkatan kali ini adalah yang pertama sekaligus yang terakhir mengingat panjangnya daftar tunggu bagi calon haji.

Kepala Kemenag Kota Banjarbaru Mahrus mengatakan, jumlah JCH yang siap diberangkatkan sebanyak 198 orang termasuk dua jamaah mutasi dari daerah lain dengan total jamaah satu kloter 325 orang.

"Seluruh JCH Banjarbaru tergabung dalam satu kloter yakni kloter 15 bersama jamaah dari Kabupaten Batola sebanyak 112 orang dan Kota Banjarmasin 12 orang ditambah 3 petugas haji," ujar dia.
Baca juga: Kalsel tambah 20 persen kuota calhaj cadangan untuk lunasi biaya haji
Baca juga: Dinkes Kalsel sarankan lima cara jaga kebugaran calon haji Lansia
Baca juga: Calon haji diingatkan 15 cara jaga mental dan fisik saat Armuzna

Pewarta: Imam Hanafi/yose rizal
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023