Makassar (ANTARA) - Tim Pengelola Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyatakan aksi donor darah menjadi program wajib bagi mahasiswa KKN Unhas di 77 lokasi tematik di Sulawesi Selatan.

Ketua Tim Pengelola KKN Unhas Muhammad Kurni PhD di Makassar, Minggu, mengatakan ada tiga bentuk program kerja yang akan dilaksanakan dalam KKN 2023, yakni donor darah, program tematik (70-80 persen), dan program tambahan sekitar 20-30 persen.

Baca juga: 2.045 mahasiswa Unhas lolos proposal Ide Bisnis Program Wirausaha 2023

“Program donor darah ini sifatnya wajib bagi seluruh mahasiswa KKN yang memenuhi syarat kesehatan, sementara program tambahan itu merupakan permintaan pemerintah setempat, baik desa, kecamatan maupun kabupaten dan kota,” kata Kurni pada kegiatan Penguatan Program dan Penyegaran Dosen Pengampu Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kegiatan tersebut, kata dia, diikuti sebanyak111 dosen pendamping KKN yang berasal dari berbagai fakultas di Unhas. KKN Gelombang 110 ini akan berlangsung pada periode Juni-Agustus 2023.

Baca juga: Unhas tetapkan delapan mahasiswa berprestasi Pilmapres 2023

"Kegiatan KKN Gelombang 110 ini diikuti 3.697 mahasiswa yang akan disebar di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan yang telah ditetapkan menjadi lokasi sasaran program KKN kali ini," katanya.

Kurni menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN kali ini sama dengan penyelenggaraan sebelumnya, yakni akan dibagi atas berbagai bentuk KKN tematik.

Baca juga: 614 mahasiswa PMW Unhas pengembangan ide bisnis dan digital marketing

Saat ini, menurut dia, ada 77 lokasi KKN tematik yang sudah ditetapkan lokasinya di Sulawesi Selatan dengan tema yang beragam, mulai dari pendampingan desa wisata, UMKM, ketahanan pangan, smart village, mitigasi bencana, hingga inovasi teknologi tepat guna,” katanya.

Kurni berharap pelaksanaan KKN kali ini bisa lebih optimal dan dapat mencapai target yang telah dicanangkan.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023