Melalui kerja sama ini SMF nantinya akan menyediakan dukungan pendanaan yang akan disalurkan melalui lembaga keuangan atau lembaga keuangan syariah untuk mendukung pembangunan RUSPIN bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa
Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) menggandeng Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasional (ASPRUMNAS) untuk mewujudkan rumah tahan gempa bagi masyarakat Cianjur, yang sempat terdampak gempa pada November 2022.

Kerja sama keduanya ditandai oleh penandatanganan nota kesepahaman tentang Penyediaan Rumah Unggul Sistem Panel Instan (RUSPIN) untuk Masyarakat Terdampak Bencana Alam, yang ditandatangani oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dan Ketua Umum ASPRUMNAS M. Syawali pada Selasa (23/5) di Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat.

“Melalui kerja sama ini SMF nantinya akan menyediakan dukungan pendanaan yang akan disalurkan melalui lembaga keuangan atau lembaga keuangan syariah untuk mendukung pembangunan RUSPIN bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa,” kata Ananta dalam keterangan resmi, Selasa.

Dalam kesempatan penandatanganan tersebut, Ananta bersama M. Syawali juga berkesempatan berkeliling meninjau lokasi workshop pembuatan RUSPIN, yang merupakan model rumah tahan gempa yang dikembangkan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Permukiman Kementerian PUPR.

Cianjur diterjang gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo pada 2022 hingga 56 ribu rumah warga mengalami kerusakan, baik rusak ringan maupun berat.

Pembangunan RUSPIN diharapkan menjadi solusi dalam merevitalisasi pemukiman warga yang terdampak bencana tersebut.

RUSPIN merupakan rumah rangka pracetak dengan sistem panel yang menggunakan sambungan baut yang dapat dipasang sehingga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan.

RUSPIN merupakan pengembangan dari model sebelumnya yakni RISHA (Rumah Instan Sederhana) sehingga rumah ini mempunyai banyak kelebihan seperti sederhana, cepat, fleksibel, kuat, memiliki bentuk yang menarik, dan telah teruji tahan berdiri di berbagai wilayah terdampak gempa di Indonesia.

Ananta mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dukungan SMF sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan dalam membantu meringankan beban pemerintah merevitalisasi permukiman masyarakat pasca bencana alam di Indonesia.

Ia berharap ke depannya revitalisasi permukiman terdampak bencana dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi untuk membantu ekonomi masyarakat.

“Kerja sama ini merupakan bagian dari optimalisasi peran dan fungsi SMF dalam mendorong perkembangan industri perumahan baik dari sisi supply maupun demand sesuai dengan perluasan mandat yang telah diamanatkan oleh Pemerintah, ” kata Ananta.

Baca juga: SMF dan Bank Woori Saudara sinergi salurkan kredit multiguna untuk ASN

Baca juga: SMF membenahi 27 rumah di kawasan kumuh Cirebon

Baca juga: SMF resmikan pembangunan rumah layak huni di Medan


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023