Medan (ANTARA) - Tenaga Ahli Menteri Agama RI Hasan Basri Sagala melepas 359 calon haji kelompok terbang pertama asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut, di Asrama Haji Medan, Rabu, pukul 07.43 WIB, menuju Madinah.

Hasan dalam sambutannya mengatakan calon haji diminta selalu bersyukur kepada Allah SWT karena dapat melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam yang kelima.

Ia berharap kepada seluruh calon haji untuk menjaga kondisi kesehatan dan tidak memaksakan diri agar dapat melaksanakan ibadah yang wajib dengan prima karena kondisi di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.

"Kita sudah siapkan petugas sejak di Tanah Air hingga di Tanah Suci. Di seluruh tempat sudah kita siapkan petugas untuk membantu calon haji terutama layanan kesehatan," ucap Hasan.

Baca juga: Hasbi, petani Madina-Sumut akhirnya wujudkan mimpi berhaji ke Mekkah

Baca juga: Dinkes Sumut: CJH lansia harus jaga kebugaran jelang berangkat haji


Kemenag berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh calon haji, termasuk para lanjut usia. Menteri Agama juga meminta para petugas lebih ramah dan peduli kepada calon haji lansia.

"Seluruh calon haji juga diajak untuk bersama untuk peduli kepada para lansia yang ada dalam rombongan," kata Tenaga Ahli Menteri Agama RI.

Sementara Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI H. Marwan Dasopang dalam sambutannya mendoakan agar seluruh calon haji melaksanakan ibadah haji dengan maksimal dan meraih gelar haji yang mabrur.

Ia juga mengatakan bahwa melalui DPR RI dan juga pemerintah terus berjuang untuk menekan biaya haji sehingga kemarin ditetapkan biaya haji untuk Sumatera Utara berkisar Rp 49 juta yang harus dibayarkan calon haji dan nanti ditambahkan dari nilai manfaat sekitar Rp 40 juta. Artinya calon haji membayar setengah dari ongkos haji sebenarnya.

"Selamat menjalankan ibadah haji bagi para duyufurrahman. Keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada seluruh calon haji yang dapat berangkat tahun ini," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi mengatakan calon haji asal Kabupaten Mandailing Natal telah melakukan prosesi karantina di Asrama Haji Medan dan siap untuk berangkat menuju Kota Madinah.

"Sebanyak 259 calon haji akan kita antar ke Bandara Kualanamu untuk terbang ke Kota Madinah," ucapnya.

Baca juga: Kadinkes Sumut: 65 persen calon jamaah haji sudah vaksinasi meningitis

Baca juga: Al-Washliyah Sumut minta pemerintah kaji usulan biaya haji Rp69 juta

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023