Alhamdulillah, sekarang penerbangan hari Minggu di Bandara RSA Ranai sudah ada....
Tanjungpinang (ANTARA) - Pangkalan Udara Raden Sadjad (Lanud RSA) bersinergi dengan maskapai penerbangan Wings Air menambah frekuensi penerbangan rute Kabupaten Natuna-Kota Batam menjadi setiap hari.

“Alhamdulillah, sekarang penerbangan hari Minggu di Bandara RSA Ranai sudah ada, sebelumnya memang tak ada,” kata Komandan Lanud RSA Kolonel Pnb Jajang Setiawan, di Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis.

Danlanud mengatakan penambahan jadwal penerbangan Batam-Natuna didasari adanya permintaan masyarakat terkait penambahan jadwal penerbangan sipil pada hari minggu.

Permintaan warga tersebut dia terima sejak awal menjabat Danlanud RSA Ranai, sekitar 1 tahun 3 bulan yang lalu.

"Baru dapat terwujud sekarang setelah melewati proses yang cukup panjang," ujarnya pula.

Ia menjelaskan Extra Flight Wings Air beroperasi mulai tanggal 28 Mei 2023 sampai dengan 28 Oktober 2023. Dengan demikian, Bandara RSA rutin setiap hari melayani penerbangan dari Natuna ke Batam maupun sebaliknya.

Menurutnya, kebijakan ini sekaligus mendukung program Pemerintah Kabupaten Natuna dalam rangka menggeliatkan sektor pariwisata di pulau terluar Indonesia tersebut.

Dia menyebut warga Natuna maupun wisatawan lokal hingga mancanegara tak lagi mengalami kendala transportasi. Mereka bisa datang dan pulang kapan saja ke Natuna, karena sudah tersedia jadwal penerbangannya.

“Orang yang mau pulang atau berangkat dari dan ke Natuna di hari minggu sudah bisa, sehingga di hari Senin mereka sudah bisa beraktifitas kembali tanpa harus izin kerja,” ujar Danlanud.

Danlanud juga berharap penambahan frekuensi penerbangan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kepulauan Natuna. Alhasil, pariwisata terus maju dan berkembang untuk menggerakkan ekonomi masyarakat setempat.

"Pariwisata adalah salah satu pilar pembangunan Natuna yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, selain pertahanan keamanan, minyak dan gas, perikanan serta lingkungan hidup," katanya pula.
Baca juga: Kapal roro ke Anambas dan Natuna tunda pelayaran karena cuaca buruk
Baca juga: Bakamla ajak "coast guard" ASEAN samakan sikap hadapi klaim China


Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023