BSI melakukan digitalisasi manajemen keuangan masjid yang mampu mengakselerasi aktivitas finansial lain seperti donasi dan pengembangan ekonomi
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat Dana Pihak Ketiga (DPK) yang terhimpun dari ekosistem masjid mencapai Rp1,2 triliun per April 2023 atau tumbuh 10,8 persen secara tahunan.

BSI secara konsisten mendorong ekosistem Islam di Indonesia termasuk menggandeng 46 ribu masjid per April 2023 dan melaksanakan berbagai kegiatan bersama masyarakat.

“Ini mengindikasikan bahwa kepercayaan umat pada perbankan syariah semakin tinggi. Terlebih, BSI melakukan digitalisasi manajemen keuangan masjid yang mampu mengakselerasi aktivitas finansial lain seperti donasi dan pengembangan ekonomi riil di lingkungan masjid,” kata Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bahwa masjid memiliki peran besar dalam membangun bangsa karena dapat mencetak generasi berakhlak mulia dan tangguh, salah satunya melalui dakwah ekonomi syariah yang dilakukan di masjid.

BSI sebagai bagian dari ekonomi umat pun terus mendorong geliat ekosistem masjid melalui berbagai aspek, salah satunya meningkatkan kenyamanan beribadah di masjid.

“Hal ini menjadi upaya perseroan untuk menjadikan masjid sebagai salah satu pusat peradaban masyarakat, dimulai dari fasilitas ibadah, yang nantinya terus berlanjut pada aktivitas ekonomi (muamalah) dan memfasilitasi masyarakat dalam bersosialisasi,” lanjut Anton.

Saat ini, BSI memiliki solusi yang dapat dimanfaatkan oleh pengurus masjid untuk memudahkan berbagai aktivitas termasuk mengatur keuangan masjid.

BSI memiliki sejumlah program yang dapat dimanfaatkan oleh pengurus masjid, antara lain sharing session pengelolaan keuangan masjid, literasi keuangan syariah, literasi ZISWAF, dan pengetahuan terkait umrah dan haji.

“BSI juga terus melaksanakan komitmen untuk membantu renovasi sejumlah sarana dan prasarana masjid, seperti di Masjid Al Amanah di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta,” katanya.


Baca juga: Asbisindo: Penyaluran pembiayaan syariah tumbuh mencapai Rp503 triliun
Baca juga: BSI targetkan pembiayaan rumah tumbuh 6,42 persen pada semester I 2023
Baca juga: Menteri BUMN: Perombakan Direksi dan Komisaris BSI bentuk evaluasi


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023