Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengajukan dua kabupaten mewakili lomba teknologi tepat guna desa tingkat nasional pada ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-24.

"Nanti di Lampung akan dilaksanakan ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-24 yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi pada 1-11 Juni 2023," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung Zaidirina, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut Pemerintah Provinsi Lampung akan mengajukan dua daerah untuk mewakili lomba teknologi tepat guna desa tingkat nasional.

"Dalam lomba teknologi tepat guna desa tingkat nasional ini ada dua daerah yang diajukan, yaitu Kabupaten Lampung Tengah dan Pringsewu," katanya.

Baca juga: Kemendes PDTT-ITB terapkan teknologi tepat guna di wilayah 3T

Baca juga: Kemendes PDTT: GTTGN wadah inventor kembangkan kreativitas


Dia menjelaskan dari dua daerah tersebut terdapat dua desa asal Kabupaten Lampung Tengah dan satu desa asal Kabupaten Pringsewu yang akan mewakili.

"Untuk Kabupaten Lampung Tengah akan menampilkan teknologi tepat guna berupa Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek), mereka sudah juara dua tahun berturut-turut. Dan mereka melakukan aktivitas ini setiap hari sehingga sesuai dengan penilaian yang dilakukan tiap hari," ucapnya.

Selanjutnya yang dipamerkan asal desa lain di Kabupaten Lampung Tengah berupa produksi mesin, dan untuk di Kabupaten Pringsewu akan memperlihatkan cara memproduksi beras shirataki dari porang.

"Di Pringsewu ini akan memperlihatkan cara memproduksi beras shirataki dari porang yang sudah dihilangkan racunnya dan ini sudah diproduksi secara rutin," ujarnya.

Menurut dia, dengan ikut sertanya dua daerah dalam lomba teknologi tepat guna tersebut, dapat meningkatkan motivasi desa untuk mengembangkan teknologi di daerahnya.

"Kebetulan Lampung ini fokus kepada pemberdayaan desa salah satunya teknologi tepat guna. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan munculnya inovasi di desa," ujarnya.*

Baca juga: Mendes PDTT: Pengembangan teknologi tepat guna upaya pembangunan desa

Baca juga: Mendes dorong desa kembangkan teknologi tepat guna capai SDGs ke-9

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023