Bogor (ANTARA) - Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI) memberi  beasiswa kepada ratusan mahasiswa baru angkatan 60 yang baru saja mendaftar masuk IPB.

"Insya Allah, di awal semester ini tersedia 200 paket beasiswa YAPI yang akan dibagikan kepada mahasiswa IPB. Dan hingga akhir tahun 2023 sebanyak 500 paket beasiswa," kata Ketua Yayasan Alumni IPB Andi Irman, di Bogor, Kamis.

Beasiswa diberikan khusus untuk mahasiswa yang diterima melalui Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Ketua OSIS dan Prestasi Internasional Nasional.

YAPI juga masih membuka beasiswa untuk mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Baca juga: Yayasan Alumni Peduli IPB canangkan program cetak 1.000 pemimpin

Baca juga: IPB undang 1.200 orang alumni pada Hari Pulang Kandang


Ia menjelaskan program beasiswa untuk membantu para mahasiswa IPB yang kesulitan dalam pembiayaan kuliah.

"Menjadi mahasiswa IPB adalah kebanggaan dan YAPI akan menjadi mitra mahasiswa IPB yang kesulitan dalam pembiayaan," kata Andi Irman.

Sementara itu Wakil Ketua YAPI, Nelly Oswini, mengatakan YAPI membuka diri dan menerima informasi dari manapun sekiranya ada mahasiswa atau calon mahasiswa kesulitan dalam pembiayaan masuk IPB.

"Insya Allah YAPI berkomitmen membantu mahasiswa atau calon mahasiswa IPB yang kesulitan pendanaan masuk IPB tersebut," ungkap Nelly

Berdasarkan informasi yang di sampaikan secara resmi melalui Website dan akun Instagram YAPI @yayasanalumnipeduliipb, persyaratan mendapat beasiswa YAPI memang tak sulit, yaitu mengajukan permohonan ke YAPI disertai argumentasi berhak mendapatkan beasiswa YAPI.

Argumentasinya bisa karena berprestasi, atau kesulitan dalam pembayaran UKT.

Syarat lainnya, tidak menerima beasiswa sejenis dalam waktu bersamaan.

Pendaftaran dibuka sejak 23 Mei hingga 21 Juni 2023. Selanjutnya akan dilakukan wawancara kepada calon penerima beasiswa.

YAPI adalah yayasan yang didirikan oleh Himpunan Alumni IPB untuk mendukung IPB menjadi perguruan terbaik dan melahirkan sarjana terbaik di Indonesia.

Berbagai program YAPI untuk mendukung IPB, yaitu program beasiswa untuk mahasiswa, pelatihan peningkatan kualitas karakter dan kepemimpinan mahasiswa, mewadahi kegiatan sosial alumni IPB dan membangun hubungan antara IPB, alumni dan stakeholdernya.

Saat ini YAPI telah membagikan hampir 1.000 beasiswa sejak tahun 2019. Untuk keberlangsungan program ini, YAPI menyelenggarakan program orang tua asuh, program penghimpunan dana, program donasi, dan lain-lain.*

Baca juga: Alumni SB-IPB luncurkan program pengembangan inovasi kewirausahaan

Baca juga: Alumni dorong IPB mudah dikenal Zilenial

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023