Selama ini mewujudkan kepemilikan rumah bagi para prajurit adalah tantangan tersendiri
Jakarta (ANTARA) - BUMN PT Sarana Multigriya Finansial Persero (SMF) akan menyalurkan pendanaan kepada PT Bank Woori Saudara guna membiayai kredit multiguna (KMG) perumahan bagi para abdi negara termasuk para prajurit.

“Ini rencana strategis SMF yang sejalan dengan peran dan fungsinya sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan dalam mendukung upaya pemenuhan hunian baik di sisi supply (pasokan) dan demand (permintaan),” kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dalam penandatanganan perjanjian kerja sama KMG Perumahan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: SMF gandeng ASPRUMNAS wujudkan rumah tahan gempa bagi warga CIanjur

Turut menandatangani perjanjian kerja sama tersebut adalah Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Direktur Konsumer Bank Woori Saudara M. Tri Budiono, Ketua Umum Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaya, dan Ketua Umum DPP Perkumpulan Pengembang Indonesia PI Barkah Hidayat.

Ananta mengungkapkan program ini juga bentuk dukungan perseroan kepada upaya pemerintah untuk memfasiltasi para prajurit yang selama ini sudah berdedikasi kepada negara. Dia berharap para abdi negara itu dapat memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya sehingga dapat memiliki rumah yang layak dan terjangkau.

“Selama ini mewujudkan kepemilikan rumah bagi para prajurit adalah tantangan tersendiri. Kerjasama tripatrit ini adalah bagian dari komitmen dan keberpihakan kita bersama kepada para abdi negara dalam memperoleh haknya untuk mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau, khususnya bagi yang membutuhkan dan belum terfasilitasi,” kata Ananta.

SMF, kata Ananta, optimistis program itu akan mendapat sambutan yang hangat dan dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi kepada para prajurit, serta menjadi kontribusi nyata untuk mendukung stabilitas perekonomian nasional.

Dalam mendorong bangkitnya industri perumahan baik dari sisi pasokan maupun permintaan, SMF telah menyalurkan produk-produk dalam rangka implementasi perluasan mandat dari pemerintah sebesar Rp2,4 triliun sepanjang 2022 yang terdiri dari Kredit Konstruksi, Kredit Mikro Perumahan, KPR Rumah Usaha, KPR Inden, serta Kredit Multiguna Perumahan.

Kerja sama KMG perumahan untuk prajurit juga melibatkan Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) dan Perkumpulan Pengembang Indonesia (PI).

Dalam kerja sama ini SMF akan menyediakan fasilitas pendanaan kepada Bank Woori Saudara untuk penyaluran pembiayaan perumahan bagi prajurit. Bank Woori dalam kerjasama ini berperan untuk menyalurkan pembiayaan kepada para prajurit, sedangkan PI dan Himperra berperan dalam memberikan rekomendasi pengembang perumahan kepada Bank Woori.

Melalui program ini, nantinya para penerima manfaat dapat memiliki akses pinjaman kredit multiguna yang dapat digunakan dengan berbagai manfaat dan tujuan, di antaranya yakni pembelian rumah yang dijamin oleh asosiasi untuk ketersediaan unit dengan harga yang terjangkau.

Adapun mekanisme agunan bersumber dari pemotongan gaji atau tunjangan pensiun setiap bulannya dengan minimal jaminan payroll gaji atau tunjangan pensiun atau Surat Keputusan (SK) pengangkatan yang telah memenuhi kriteria seleksi Bank Woori Saudara.

Baca juga: SMF membenahi 27 rumah di kawasan kumuh Cirebon

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023