Jakarta (ANTARA) - DPP Partai Golkar akan menyiapkan pembahasan strategi pemenangan Pemilu 2024 di rapat kerja nasional (rakernas) di Jakarta, 4-6 Juni 2023.

"Sesuai amanat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai, rakernas setidaknya dua kali dilaksanakan dalam satu periode kepengurusan," kata Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan rakernas diperuntukkan untuk menyusun program, evaluasi dan orientasi penyesuaian untuk program berikutnya.

"Karena rakernas dilaksanakan di dalam tahapan pemilu. Maka rakernas difokuskan pada pembicaraan pemantapan persiapan Pemilu Partai Golkar," katanya menegaskan.

Doli menjelaskan Golkar telah melaksanakan konsolidasi sejak dua tahun terakhir ini. Dimulai dari proses pendaftaran calon legislatif, dengan kuota dua kali kursi per daerah pemilihan.

"Golkar pada tanggal 14 mei 2023, sudah menyampaikan seluruh bakal calon legislatif, yang merupakan salah satu instrumen penting. Golkar punya 20.540 caleg. Artinya tidak ada satu dapil pun baik DPR RI, provinsi maupun kabupaten/kota, yang tidak ada calegnya. Semuanya lengkap," jelasnya.

Kemudian, dia menjelaskan instrumen selanjutnya yang menjadi pembahasan adalah saksi-saksi di tempat pemungutan suara (tps).

"DPP Golkar telah membentuk badan saksi nasional, dimana sudah bekerja sejak 2-3 tahun lalu. Mereka mempersiapkan orang-orang yang akan ditempatkan di masing-masing tps," katanya.

Doli mengatakan tema rakernas Golkar yakni bersama menangkan hati rakyat memajukan Indonesia. Kata dia, Gokar sadar betul untuk memang di Pemilu 2024, tidak bisa sendiri, tetapi membutuhkan kerja sama utama dengan rakyat.

Adapun peserta rakernas kata Doli terdiri dari unsur DPP sebanyak 220 orang, perwakilan dewan pembina, dewan kehormatan, dewan etik, perwakilan DPD provinsi sebanyak lima orang, pimpinan ormas Golkar, dan anggota fraksi dari Golkar.

Baca juga: AMPG-UMNO bahas program kepemimpinan anak muda

Baca juga: Golkar enggan beberkan arah dukungan ke Ganjar atau Prabowo

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023