Pada tahapan ini, semua hipotesa terbuka mengenai apa penyebab kecelakaan itu,"
Asuncion (ANTARA News) - Seorang calon konservatif dalam pemilihan presiden Paraguay yang akan berlangsung April tewas dalam kecelakaan helikopter, demikian diumumkan pemerintah, Minggu.

Lino Cesar Oviedo, pengawalnya dan pilot tewas dalam kecelakaan Sabtu malam setelah ia melakukan pawai kampanye dan pulang kembali ke Asuncion, ibu kota Paraguay.

Oviedo (69) merupakan calon dari partai konservatif bernama Unace. Ia adalah mantan pemimpin militer yang memasuki politik pada 1996.

Penyebab kecelakaan itu masih belum diketahui, namun indikasi awal menunjukkan musibah tersebut terjadi mungkin karena cuaca buruk.

Direktur penerbangan sipil Carlos Fugarazzo mengumumkan, penyelidikan telah mulai dilakukan dan ahli-ahli internasional akan dilibatkan.

"Pada tahapan ini, semua hipotesa terbuka mengenai apa penyebab kecelakaan itu," katanya pada jumpa pers.

Pemilihan presiden Paraguay dijadwalkan berlangsung pada 21 April. Partai Oviedo termasuk diantara 12 partai yang mengambil bagian dalam pemilihan itu. Unace adalah kelompok sempalan yang memisahkan diri dari Partai Colorado.

Kematian Oviedo itu pertama kali dikonfirmasi kepada AFP oleh Senator Herminio Chena, yang memiliki kedekatan dengan keluarga korban.

Helikopter itu jatuh di sebuah daerah pedesaan. Ketika diktator Alfredo Stroessner menyerah dalam kudeta militer pada 1989, adalah Oviedo yang menahannya di sebuah bunker.

(M014)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013