Jakarta (ANTARA) - Tiga anggota dari boy group Exo, yakni Baekhyun, Xiumin, dan Chen telah menyampaikan pemberitahuan kepada SM Entertainment mengenai pemutusan kontrak eksklusif mereka.

Melansir dari Soompi, Baekhyun, Xiumin, dan Chen menyampaikan pernyataan resmi mereka pada 1 Juni melalui perwakilan hukum dan pengacara mereka Lee Jae-Hak, mengumumkan bahwa mereka memberi tahu SM selaku agensi mereka saat ini mengenai pemutusan kontrak eksklusif mereka per 1 Juni.

“Ini adalah pengacara Lee Jae-Hak dari firma hukum LIN, mewakili anggota EXO Baekhyun, Xiumin, dan Chen (Byun Baek Hyun, Kim Min Seok, Kim Jong Dae, selanjutnya disebut "artis"). Selanjutnya, perwakilan hukum kami ingin mengungkapkan posisi para seniman mengenai kontrak eksklusif antara artis dan SM Entertainment (selanjutnya disebut "SM"),” tulis Jae-Hak dalam laporan tersebut.

“Sebelumnya, para seniman mengirim sertifikasi konten ke SM tujuh kali melalui perwakilan hukum mereka dari 21 Maret hingga baru-baru ini, dan melalui ini, mereka berulang kali meminta salinan laporan penyelesaian transparan dan alasan penyelesaian.

Ini adalah hak minimal dan sah para seniman untuk meminta dasar yang akurat dan transparan untuk penyelesaian yang belum jelas sampai sekarang, dan SM juga berkewajiban untuk mematuhi sesuai dengan kontrak eksklusif dan Undang-Undang Pengembangan Industri Budaya dan Seni Populer. Namun, SM akhirnya mempertahankan posisi yang tidak adil yang menyatakan bahwa mereka tidak dapat memberikan salinan laporan.

Baca juga: SM Entertainment ubah lokasi jumpa penggemar SHINee di Korea

Selain itu, setelah SM menandatangani kontrak jangka panjang dengan artis yang membentang lebih dari 12 hingga 13 tahun di masa lalu, mereka mendorong para seniman untuk menandatangani kontrak eksklusif berikutnya sekali lagi, menghasilkan kontrak jangka panjang yang membentang setidaknya 17 hingga 18 tahun atau lebih. 

Mengenai hal ini, para seniman merasa bahwa SM menggunakan posisi superior mereka untuk memaksa seniman menandatangani apa yang disebut kontrak budak yang berlangsung selama hampir 20 tahun termasuk periode pelatihan mereka yang juga jauh dari kata pendek,” tulis Jae-Hak.

Baca juga: SM Entertainment tanggapi keluhan penggemar soal Fanmeeting SHINee

Dalam surat laporan tersebut, pengacara ketiga anggota Exo tersebut juga menyebutkan bahwa SM menyalahi Pasal 45 Paragraf 1 (6) dari Peraturan Monopoli dan Undang-Undang Perdagangan yang Adil dengan "membuat transaksi dengan pihak lain dengan mengambil keuntungan dari posisi tawar entitas bisnis itu sendiri secara tidak adil." Periode jangka panjang wajib seperti ini menggunakan kontrak eksklusif berikutnya berlaku secara terpisah untuk "penyediaan manfaat koersif" atau "penyediaan kerugian.”

Merasa dirugikan, ketiganya sepakat untuk mengajukan keluhan ke Komisi Perdagangan Adil Korea Selatan. Mereka juga meminta maaf pada para penggemar karena masalah ini dan berharap semuanya dapat tertangani dengan baik.

“Kami meminta maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran besar bagi penggemar melalui masalah ini, dan tidak ada cara untuk sepenuhnya mengungkapkan permintaan maaf kami,” tulis ketiganya dalam laporan tersebut.

Baca juga: SM Entertainment ungkap cuplikan album musim dingin "SMCU Palace"

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023