Surabaya (ANTARA) - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur membuka pendaftaran jalur mandiri untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 mulai hari ini, Kamis.

"Pendaftaran jalur Mandiri bisa dilakukan mulai hari ini melalui link website simaba.upnjatim.ac.id atau ppmb.upnjatim.ac.id," kata Wakil Rektor Bidang I UPN Jatim, Prof. Euis Nurul Hidayah di Surabaya, Kamis.

Prof. Euis mengatakan dengan dibukanya jalur mandiri memberi kesempatan bagi peserta yang tidak lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk bisa diterima di Kampus Bela Negara itu.

"Banyak dari mereka yang memiliki potensi dan kemampuan yang bagus tapi tidak berkesempatan lolos di SNBP ataupun SNBT. Jalur Mandiri inilah yang bisa memberi kesempatan mereka untuk bisa diterima di UPN Jatim," tuturnya.

Baca juga: UPN Veteran Jatim siapkan penyelenggaraan UTBK dengan matang

Baca juga: UPN Jatim: Prodi linguistik, fisika, & desain interior masih sepi


Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru di jalur Mandiri, UPN Veteran Jatim menetapkan tiga kategori yang bisa diikuti peserta seleksi yaitu Mandiri Prestasi, Mandiri Kerja Sama Kemitraan, dan Mandiri Reguler.

Untuk kategori Mandiri Prestasi dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu prestasi kejuaraan, prestasi keagamaan (hafal Al-Quran), dan konten kreator.

Sementara untuk kategori Mandiri Kerja Sama Kemitraan diperuntukkan bagi anak kandung alumni UPN Veteran Jawa Timur, anak kandung TNI, Polri, PNS Kementerian Pertahanan (Kemenhan), serta mitra instansi yang telah bekerja sama dengan kampus setempat.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Jatim Wahyu Saifullah Jauhari Saputra mengatakan meskipun begitu semua pendaftar jalur mandiri tetap harus mengikuti tes seleksi yang digelar di UPN Jatim.

"Kami tetap ada tes berbasis komputer dengan materi tes potensi akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan matematika," ujarnya.

Wahyu menambahkan bahwa tes tersebut dilakukan untuk mengetahui kemampuan akademik peserta, dengan harapan bisa menjadi bekal mereka untuk menyelesaikan kuliah dengan baik.*

Baca juga: UPN Veteran Jatim kukuhkan profesor bidang pengolahan air minum

Baca juga: UPN Jatim loloskan 1.815 calon mahasiswa melalui SNBP 2023


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023